Sebelum Meninggal, Taruna Akpol Dipukul hingga Pingsan oleh Seniornya

Kompas.com - 21/05/2017, 08:46 WIB
Kapolda Jateng Irjen Condro Kirono bersama Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova. KOMPAS.com/Nazar NurdinKapolda Jateng Irjen Condro Kirono bersama Kabid Humas Polda Jateng Kombes Djarod Padakova.
|
EditorFarid Assifa

SEMARANG, KOMPAS.com - Brigadir Taruna Dua Muhammad Adam tewas dianiaya para seniornya di Akademi Kepolisian Semarang.

Para taruna senior berjumlah 14 orang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Kejadian bermula pada Rabu, 17 Mei 2017, seusai apel malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Ini Barang Bukti yang Disita dalam Kasus Penganiayaan Taruna Akpol

Taruna Akpol tingkat II dikumpulkan oleh taruna seniornya, taruna tingkat III, di sebuah gudang Flat A berukuran sekitar 4x8 meter. Gudang di Flat tingkat III ini tak terpakai.

Kamis (18/5/2017) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB, taruna II bermama Brigdatar Muhammad Adam meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Adam diduga dipukul oleh tersangka berinisial CAS hingga jatuh dan pingsan. Mengetahui korban pingsan, para taruna berusaha menyadarkan, mukanya dibasuh hingga diberi minyak angin.

Lalu taruna senior lain mengawasi untuk memastikan para pengasuh atau pengawas Akpol tidak mengetahui kegiatan "pembinaan" oleh para seniornya itu.

Karena masih tidak sadarkan diri, korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Akpol di kompleks sekolah perwira Polri itu. Namun nyawa Adam tidak bisa diselamatkan.

"Kejadian lalu dilaporkan Polda Jateng, pagi (Kamis) harinya Krimum Polda Jateng lakukan oleh TKP di gudang Flat A tingkat III," kata Condro, dalam gelar perkara Sabtu (20/5/2017) malam.

Polisi kemudian melakukan otopsi terhadap jenazah Adam di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Hasilnya menyebutkan ada unsur kekerasan di bagian dada akibat benda tumpul.

Hasil otopsi juga menyebut bahwa korban mendapat luka hingga membuatnya lemas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X