Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Instruksikan Dahulukan Bangun Fasilitas Publik di Pidie Jaya Aceh

Kompas.com - 15/12/2016, 16:01 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

PIDIE JAYA, KOMPAS.com - Untuk kedua kalinya, Presiden RI Joko Widodo kembali berkunjung ke Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (15/12/2016). Kunjungan Jokowi kali ini untuk memantau proses tanggap darurat di kawasan tersebut pasca gempa.

Presiden menuturkan, proses tanggap darurat berjalan dengan baik dan upaya pembersihan reruntuhan berlangsung dengan cepat. Dia juga menginstruksikan pasca tanggap darurat pemerintah harus memprioritaskan pembangunan kembali fasilitas publik.

Di Pidie Jaya, Jokowi yang didampingi sejumlah menteri mengunjungi beberapa lokasi, seperti kamp pengungsian Desa Ringblang, SD Pelandok Tunong, Masjid At-Taqarrub, dan sekolah SMK Bandar baru yang roboh karena guncangan gempa.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah menginstruksikan agar Masjid At-Taqarrub bisa langsung dibangun kembali untuk memenuhi kebutuhan warga melakukan ibadah.

“Beberapa hari lalu, saat saya berkunjung ke masjid ini, saya mengatakan bahwa masjid ini harus segera dibangun sekembalinya saya ke Jakarta, dan kini pembangunan itu dimulai, dan mudah-mudahan bisa digunakan oleh masyarakat pada bulan Ramadhan 2018 mendatang,” ujar Jokowi setelah meletakkan batu pertama pembangunan Masjid At-Taqarrub di Kecamatan Trieng Gadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis (15/12/2016).

Masjid ini roboh akibat guncangan gempa 6,5 SR pada Rabu, 7 Desember 2016 lalu. Dalam kunjungannya, Jokowi juga menginstruksikan agar semua bangunan yang runtuh bisa dibersihkan dan di lokasi yang sama segera dibangun kembali selama sisa masa tanggap darurat.

“Saya berharap semua reruntuhan bisa dibersihkan segera, dan setelah itu segera bangun kembali semua fasilitas publik yang rusak, seperti sekolah, rumah sakit, masjid, dan jalan serta jembatan, fasilitas publik harus didahulukan dan prioritas, kemudian untuk rumah warga juga akan dibangun sesuai dengan kondisinya,” ungkap Jokowi.

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri, di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimulyo, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Mensos Khofifah Indra Parawansa.

Dalam kunjungan tersebut, orang nomor satu di Tanah Air ini juga meninjau proses penanganan gempa di dua kabupaten lainnya, yakni Kabupaten Pidie dan Kabupaten Bireuen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com