Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Kota Serang Diajak Hadiri Nusantara Bersatu

Kompas.com - 29/11/2016, 21:14 WIB

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS – Komando Resor Militer atau Korem 064/Maulana Yusuf akan menyelenggarakan aksi Nusantara Bersatu di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Rabu (30/11/2016) besok. Masyarakat diajak menghadiri acara itu dengan mengenakan ikat kepala merah putih.

Komandan Resor Militer 064/Maulana Yusuf Kolonel Wirana Prasetya Budi di Serang, Selasa (29/11/2016), mengatakan bahwa sekitar 10.000 orang diperkirakan menghadiri Nusantara Bersatu. Acara yang bertujuan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa itu akan diadakan pada pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB.

"Kegiatan yang akan dilakukan seperti penandatanganan naskah Deklarasi Nusantara Bersatu, pembacaan puisi, dan sambutan," katanya.

Selain masyarakat, beberapa pejabat direncanakan hadir, antara lain Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Nata Irawan, Ketua DPRD Banten Asep Rakhmatullah, Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Banten Brigadir Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten M Romly.

"Selain itu, sejumlah tokoh masyarakat dan pengurus lembaga swadaya masyarakat (LSM) diundang menghadiri Nusantara Bersatu," kata Wirana.

Acara itu bertema "Apel Nasional Nusantara Bersatu, Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, Bhinneka Tunggal Ika".

Nusantara Bersatu merupakan perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang dilaksanakan secara serentak di semua satuan jajaran komando kewilayahan.

"Masyarakat diajak tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Kita tak boleh terpecah-pecah," ucap Wirana.

Meski rakyat Indonesia terdiri dari suku, agama, budaya, dan warna kulit yang berbeda-beda namun tali persaudaraan harus dieratkan.

"Indonesia lahir dari perbedaan yang merupakan anugerah dari Tuhan. Anugerah itu harus disyukuri dan tak perlu diperdebatkan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com