Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Minta Pemda Beri Akses Pemuda untuk Ikut Membangun

Kompas.com - 17/11/2016, 08:09 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk memberikan akses yang luas kepada pemuda dalam berpartisipasi melakukan pembangunan. Sebab selama ini pemuda hanya menjadi obyek pembangunan.

Mestinya, pemerintah memberikan porsi yang sama terhadap peran pemuda, antara jadi obyek dan subyek dalam sebuah pembangunan.

"Kita ingin ke depan seluruh kota dan kabupaten berbondong-bondong dan mempersiapkan sebuah proyeksi kedepan supaya memberikan porsi yang besar bagi pemuda," katanya saat berkunjung ke Universitas Islam Malang, Jawa Timur, Rabu (16/11/2016).

Untuk mendorong itu, Menpora mengaku sudah menginisiasi program Kota Layak Pemuda. Ada tiga daerah yang menjadi percontohan. Di antaranya Bandung, Kota Malang, dan Palu.

Untuk menjadi Kota Layak Pemuda, pemerintah daerah harus mendukung keterlibatan pemuda dalam pembangunan melalui peraturan daera (perda), menyediakan anggaran dan sarana infrastruktur sebagai wahana memunculkan kreativitas pemuda.

Selain itu, pemuda juga diberi akses yang besar untuk menjadi pelaksana program pemerintah.

"Seluruh Satker atau SKPD itu harus memberikan porsi terhadap partisipasi atau keterlibatan pemuda baik sebagai obyek ataupun subyek. Diberi peluang untuk menggarap kegiatan maupum program-program yang bersifat kreatif," paparnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com