Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polres Gresik Luncurkan Aplikasi Go Sigap, Layani Aduan Warga hingga Urus SIM

Kompas.com - 06/10/2016, 14:21 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Gresik, Jawa Timur, meluncurkan aplikasi Go Sigap yang siap memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat selama 24 jam penuh. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore ponsel Android.

“Program ini juga sesuai dengan prioritas Bapak Kapolri untuk mewujudkan polisi yang profesional, modern, dan terpercaya, dalam memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada publik,” tutur Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan di sela-sela acara launching Go Sigap, Kamis (6/10/2016).

Dengan aplikasi Go Sigap, masyarakat bisa langsung memberitahukan kepada pihak kepolisian bila mengalami tindak kriminal dalam teritori Polres Gresik dengan hanya sekali sentuh.

“Hanya dengan menekan tanda bantuan yang ada dalam hp (handphone) pada applikasi Go Sigap, maka petugas kepolisian terdekat akan langsung mendatangi TKP (tempat kejadian perkara). Tapi tentu saja, applikasi ini baru dapat digunakan, setelah masyarakat terlebih dulu melakukan registrasi,” jelasnya.

Petugas kepolisian yang berdekatan dengan lokasi peminta bantuan akan langsung datang ke TKP.

“Aplikasi ini sudah kami coba sejak 1 September 2016 lalu, dan sejauh ini telah berhasil menangani sebanyak tiga kasus kriminal yang terjadi di wilayah Gresik. Semoga dengan resmi diluncurkan pada hari ini, kami akan lebih mampu mengayomi masyarakat yang ujungnya dapat meminimalisasi tindak kriminal di Gresik,” beber Adex.

Selain memberikan bantuan langsung terhadap penanganan tindak kriminal, aplikasi Go Sigap juga memiliki beberapa fitur layanan lain bagi masyarakat. Mulai dari fitur untuk pengurusan surat kehilangan STNK, pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), hingga layanan untuk pembuatan dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Bahkan, aplikasi Go Sigap ini juga terkoneksi secara langsung dengan rumah sakit, pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perusahaan Listrik Negara (PLN), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Telkom, dan beberapa instansi lain.

“Untuk sementara, kami baru menjalin kerja sama dengan sekitar 12 instansi yang ada di Gresik dalam aplikasi ini. Namun saya berencana, ke depan kerja sama dengan instansi-instansi lain akan dapat terwujud, demi memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Aplikasi Go Sigap sendiri memiliki kapasitas file sebesar 12,84 MB, yang langsung dioperasikan oleh tenaga IT Polres Gresik. Aplikasi yang terkoneksi langsung dengan semua polsek di Gresik ini diharapkan dapat menangani pengaduan masyarakat secara cepat dan optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com