Pasca-banjir Bandang di Garut, 1.467 Rumah Gelap Gulita

Kompas.com - 21/09/2016, 21:57 WIB
Mobil yang terseret banjir bandang di Garut, Rabu (21/9/2016). Kontributor Tasikmalaya, Irwan NugrahaMobil yang terseret banjir bandang di Garut, Rabu (21/9/2016).
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com – Sebanyak 1.467 rumah di Garut gelap gulita. Listrik yang mengaliri 1.467 pelanggan tersebut mati karena rusaknya gardu dan tiang akibat banjir bandang pada Selasa (20/9/2016) malam.

“Banjir bandang membuat listrik di beberapa lokasi padam. Ini karena ada enam gardu, empat tiang tegangan menengah, 25 tiang tegangan rendah, roboh tergerus air. Selain itu, 40 buah kwh meter rusak,” ujar Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Barat, Suargina dalam keterangan persnya, Rabu (21/9/2016).

Suargina menjelaskan, 1.467 pelanggan ini tersebar di beberapa wilayah. Yakni, di Kampung Sukasenang di Desa Bayonets dan Kampung Cikarokrok serta Cimacang di Desa Tarogong.

“Saat ini, 70 petugas PLN berupaya melakukan pemulihan agar listrik kembali menyala,” tuturnya.


Baca juga: Korban Banjir Bandang di Garut Bertambah, 20 Orang Meninggal Dunia dan 14 Orang Hilang

Mengenai kapan perbaikan akan selesai, Suargina belum bisa memastikan. Yang jelas, pihaknya akan berupaya sekuat tenaga agar kondisi listrik kembali normal.

Sementara itu, untuk area Sumedang, tidak ada gardu yang terkena longsor. Di Sumedang, hanya satu tiang tengangan menengah patah, dari sembilan gardu yang sempat padam.

“Sampai sore ini tadi, masih ada satu gardu dengan 271 pelanggan yang belum dapat dilakukan recovery. Pemulihan akan dilaksanakan setelah mendapat izin dari kepolisian,” terangnya.

Baca juga: Detik-detik Menjelang Banjir Mengerikan di Garut

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terkena musibah, PLN membagikan 300 paket sembako dan keperluan sehari-hari ke pusat pengungsian di Sumedang.

Untuk daerah Garut, pihaknya mendirikan posko kesehatan, bekerja sama dengan Lazis PLN dan memberikan 400 paket makan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X