Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembukaan PON XIX Akan Digelar di Stadion GBLA

Kompas.com - 01/07/2016, 14:20 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Ketua Pengurus Besar PON XIX Ahmad Heryawan menandatangani Surat Keputusan (SK) penetapan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai lokasi pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX, Kamis (30/6/2016) malam.

“Tadi malam diputuskan opening ceremony diselenggarakan di GBLA Kota Bandung,” ujar Gubernur Jawa Barat itu di Gedung Sate Bandung, Jumat (1/7/2016).

Lelaki yang akrab disapa Aher ini mengungkapkan, keputusan menggunakan GBLA didasarkan beberapa pertimbangan. Pertama, sejak awal GBLA akan digunakan opening ceremony. Namun karena tersandung urusan hukum penggunaan GBLA untuk acara pembukaan PON dipindahkan ke Stadion Si Jalak Harupat.

“Kami membutuhkan kepastian. Supaya ada kepastian dipindahkan ke Jalak dengan menambah anggaran perbaikan Jalak. Jadi atau tidaknya Jalak untuk opening ceremony, perbaikan tetap berguna, tidak ada masalah,” tuturnya.

Pertimbangan lainnya, hampir seluruh kontingen di Indonesia dan KONI mengusulkan, mendoakan, menyarankan dan mengharapkan acara pembukaan di GBLA sehingga jarak antara lokasi acara berdekatan dengan penginapan.

“Harapan ini jadi penguat. Utamanya tentu kesiapan, kalau tidak siap tidak akan bisa,” imbuhnya.

Secara persyaratan, kesiapan bisa dikebut. Penentuan GBLA juga untuk memercepat persiapan. Selama ini, pengerjaan persiapan opening ceremony dilakukan di dua tempat sehingga fokus pengerjaan terbagi-bagi.

Kini, persiapan difokuskan di GBLA sehingga percepatan perbaikan dan persiapan lainnya lebih terfokus. Karena itu pula, penetapan GBLA dilakukan melalui SK.

“SK untuk mengabsahkan pengalihan anggaran. (Anggaran untuk) lighting, kembang api, tarian kolosal dan anggaran yang disiapkan di Jalak digeser ke GBLA,” tuturnya.

Aher menjelaskan, perbaikan secara fungsional ditargetkan selesai Juli. Setelah itu ada perbaikan kecil hingga hari H.

Begitu pun masalah akses jalan ke stadion, pihaknya segera berkomunikasi dengan Kementerian PUPR. Ketika disinggung tentang pertandingan Persib yang dijadwalkan di GBLA, Aher menolak memberi komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com