Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekrut "Duta Besar" Bandung, Ridwan Kamil Rogoh Kocek Sendiri

Kompas.com - 29/04/2016, 17:44 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil punya dua orang utusan yang diberi mandat mengurus hasil kerja sama luar negeri. Dia mengaku, dua orang yang dijuluki "Duta Besar" Bandung itu dibayar dengan menggunakan uang pribadinya.

"Ada uang operasional Wali Kota. Karena saya dari mana lagi ngebiayain mereka. Mereka itu dasarnya tidak dibayar, hanya digantikan uang komunikasinya. Nilainya variatif karena bukan gajian. Tapi dia bukan calo lobi," ucap Emil di Hotel Santika, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Jumat (29/4/2016).

Emil, sapaan akrabnya, menjelaskan untuk membangun daerah mesti menggunakan inovasi baru guna mengundang percepatan.

"Membereskan negeri itu mau pakai inovasi atau apa adanya, nah ini contoh. Kalau apa adanya gak bisa mimpi-mimpi itu terwujud, dengan inovasi ini lahir percepatan-percepatan itu saja," kata dia.

Terobosan itu ia lakukan karena pemerintah belum mengeluarkan aturan soal Pegawai Pemerintah berdasarkan Perjanjian Kerja (P3K). Meski harus merogoh kocek sendiri, Emil mengaku tak rugi lantaran kerja sama itu dinilai sebagai strategic partner.

"Kalau ini ada, saya akan hire orang-orang non PNS untuk mengisi pos-pos yang tidak mungkin dilakukan oleh PNS hari ini. Nunggu Undang-Undang ASN, Peraturan Pemerintahnya (PP). Jadi selama PP-nya belum ada saya berimprovisasi sendiri, makanya keluar uang pribadi hanya untuk memastikan ada kelancaran," tuturnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com