Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Kawasan Pedestrian, Bandung Bangun Gedung Parkir Multifungsi

Kompas.com - 21/04/2016, 17:05 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung berencana membangun gedung multifungsi di Jalan Ganesha, Kota Bandung. Gedung tersebut mempunya fungsi utama sebagai gedung parkir yang mampu menampung 800 kendaraan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, gedung tersebut dibangun sebagai upaya Pemkot Bandung memperluas kawasan pedestrian di sekitaran Jalan Ganesha hingg Jalan Ir Djuanda (Dago).

"Kalau (gedung) itu jadi kita akan melarang seluruh yang parkir di daerah Taman Sari, Gelap Nyawang, ITB, Ganesha dan di sekitaran Dago juga," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukacana, Kamis (21/4/2016).

Agar tak menghambat aktivitas masyarakat, Pemkot Bandung akan menyediakan angkutan yang khusus melintas di kawasan area larangan parkir.

"Nanti dari gedung parkir itu ada rute angkot khusus yang muter-muter di daerah itu, sehingga di daerah itu akan diperbanyak untuk pedestrian," tuturnya.

Emil menambahkan, Pemkot Bandung sudah menentukan pemenang lelang. Dalam waktu dekat, lanjut dia, proses groundbreaking akan segera dimulai.

"Terdiri dari satu lantai retail, empat lima lantai parkir di atasnya ada ruang-ruang komersial," ucapnya.

Dia berharap proyek tersebut dapat rampung pada akhir tahun 2016.

"Gedung parkir tanahnya PDAM, pengennya akhir tahun sudah selesai, anggaran mungkin Rp 30 miliar," jelas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com