Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar RTH, Kota Semarang Akan Bangun Taman di Setiap Kecamatan

Kompas.com - 27/03/2016, 12:10 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan aksi nyata untuk merealisasikan amanat ruang terbuka hijau (RTH) di wilayahnya. Sejauh ini, RTH di Semarang baru sebatas 9 persen dari luas wilayah yang ada.

"Idealnya 30 persen, tapi 20 persen saja sudah bagus. Kami baru 9 persen," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki, Minggu (27/3/2016).

Menurut Ulfi, untuk mengejar amanat RTH, Pemkot Semarang pada tahun 2017 mendatang akan membuat taman dengan jumlah relatif banyak. Setidaknya, ada 16 taman yang akan dibuat di masing-masing kecamatan.

"2017 kita buat bikin taman banyak. Minimal akan buat 16 taman di tiap kecamatan," tambah dia.

Konsep taman juga akan disesuaikan dengan wilayah yang akan ditempati. Pihaknya tidak membangun taman bertema, seperti halnya taman yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kota kita Semarang, Bandung ya Bandung. Tidak perlu tiru-tiru. Yang penting manfaatnya ada. Tapi yang baik bisa ditiru," tambah dia.

Namun demikian, menurut dia, amanat untuk membuat RTH tidak sekadar membangun taman. Kegiatan semsal penanaman pohon juga masih dalam rangka penciptaan RTH.

Untuk tahun ini, Pemkot Semarang tidak memiliki alokasi anggaran untuk pembuatan taman. Alokasi lebih banyak untuk pemeliharaan taman-taman yang telah ada.

"Kami ada anggaran Rp 3 miliar untuk membangun air mancur yang bagus," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com