Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijamin Ridwan Kamil, Pertunjukan "Tan Malaka" Hari Ini Tetap Digelar

Kompas.com - 24/03/2016, 07:42 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Pertunjukan monolog "Tan Malaka: Saya Rusa Berbulu Merah" gagal digelar Rabu malam (23/3/2016). Polisi menggagalkan pertunjukan karena alasan keamanan setelah ada ormas yang mengancam pertunjukan karena dinilai berbau komunis.

Setelah mendapat jaminan dari Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pertunjukan hari ini tetap akan digelar pukul 16.00 dan 20.00 WIB. Bahkan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dijadwalkan ikut menonton.

“Informasi Terkini Pentas Teater Tan Malaka: Saya Rusa Berbulu Merah.Atas jaminan Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pertunjukan “Monolog Tan Malaka: Saya Rusa Berbulu Merah” tanggal 24 Maret 2016 di IFI, Bandung pukul 16.00 dan 20.00 WIB, tetap akan berlangsung. Dan Walikota Bandung, RIdwan Kamil akan ikut menyaksikan,” dalam akun resmi penyelenggara @mainteater.

Pertunjukan pukul 16.00 diprioritaskan untuk penonton yang telah memesan dan membeli tiket untuk pertunjukan 23 Maret 2016. Sedangkan penonton yang memesan tiket untuk 24 Maret diprioritaskan untuk pertunjukan pukul 24 Maret 2016.

Penulis naskah Tan Malaka, Ahda Imran menjelaskan, pertunjukkan ini seharusnya digelar 23-24 Maret 2016. Tanggal 23 Maret dipilih, karena 53 tahun lalu, Presiden Soekarno menetapkan Tan Malaka sebagai pahlawan nasional.

Tan Malaka dikenal sebagai sosok sosialis dan nasionalis kiri. Ia sosok yang paling disegani dan di masa Orde Baru pementasan berbau Tan Malaka diharamkan. Menurut dia, pementasan ini hanya berbicara soal Tan Malaka bukan ideologinya.

Sebelumnya, pertunjukan Tan Malaka gagal digelar setelah sekelompok ormas mendatangi tempat penyelenggaraan di IFI Bandung. Mereka mengancam akan membatalkan serta memprovokasi penyelenggara.

Panitia sempat melakukan berdiskusi, namun tidak menemukan titik temu. Kodim dan Polrestabes pun meminta keterangan mengenai perizinan dan substandi monolog. Demi keamanan, pertunjukan semalam dibatalkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com