Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bandung Resmikan Jalan Sukarno

Kompas.com - 10/11/2015, 17:23 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung akhirnya meresmikan Jalan Dr. Ir. Sukarno menggantikan Jalan Cikapundung Timur, Selasa (10/11/2015).

Dalam acara itu hadir Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beserta sejumlah pejabat Pemkot Bandung.

Turut hadir pula anak bungsu Sukarno dari Fatmawati yakni Guruh Sukarno Putra.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan ada tiga alasan mengapa Pemkot Bandung menunjuk Jalan Cikapundung Timur untuk dijadikan nama Jalan Sukarno.

"Pertama, karena jalan ini bermuara di Jalan Asia Afrika yang merupakan jalan pertama di tanah Jawa," ucap Ridwan Kamil dalam pidatonya.

Pria yang akrab disapa Emil itu melanjutkan, Jalan Cikapundung juga berdampingan dengan Gedung Merdeka yang identik sebagai lokasi bersejarah.

Jalan Sukarno juga istimewa lantaran jalan yang terbuat dari beton berpola itu hanya dilintasi kendaraan saat ada kegiatan penting.

"Ketiga, jalan ini dilintasi sungai Cikapundung sebagai ibunya sungai di Bandung. Atas dasar itulah kita beri nama jalan ini," ucap dia.

Emil menambahkan, upaya itu menjadi bentuk penghormatan kepada Sukarno di mana sang proklamator banyak menghabiskan waktu di tanah pasundan dalam upaya memerdekakan bangsa.

"Warga Bandung yang mencintai Bung Karno mengusulkan kepada kami, dan setelah melalui kajian dewan dan izin dari keluarga, kita akhirnya resmikan," ungkap Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com