Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengibaran Bendera Terkecil di Dunia Warnai Peringatan Sumpah Pemuda

Kompas.com - 28/10/2015, 11:23 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Puluhan aktivis yang terdiri dari beberapa organisasi kepemudaan di Kabupaten Malang, Jawa Timur menggelar upacara bendera di Hari Sumpah Pemuda ke-87, Rabu (28/10/2015).

Bendera yang dikibarkan berukuran 12x2 cm. Upacara tersebut digelar di depan kampus Universitas Raden Rahmat (UNIRA) Malang.

Peserta pengibaran berdera yang dinilai terkecil dunia itu, terdiri dari mahasiswa UNIRA, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Malang.

Hadir pula puluhan santri dari berbagai pesantren di Kabupaten Malang, dengan menggunakan sarung.

Pengibaran bendera berlangsung hikmat. Puluhan aktivis secara serius mengibarkan bendera layaknya upacara pengibaran bendera pada umumnya.

Menurut Syukron Fauzi, koordinator pelaksanaan upacara bendera tersebut, para aktivis sepakat untuk mengibarkan bendera terkecil sebagai bentuk keprihatinan kepada Pemerintah Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Indonesia merupakan negara besar. Namun telah dikerdilkan oleh pihak-pihak yang ada di pemerintahan saat ini. Padahal, negara luar cukup segan terhadap Indonesia. Upacara bendera kecil ini bentuk kritik kepada pemerintah," tegas Syukron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com