Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bandung Bikin Apartemen Seharga Rp 50 Juta Per Unit

Kompas.com - 08/10/2015, 11:38 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Bandung segera membangun apartemen rakyat di Paldam, Jalan Jakarta, Kota Bandung. Rencananya, apartemen yang didanai pihak swasta itu memiliki sekitar 1.000 hunian yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke bawah.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, harga apartemen itu bervariasi. Untuk warga tidak mampu, harga apartemen itu dipatok para harga Rp 50 juta-Rp 80 juta dengan cicilan Rp 400.000 per bulan.

Sementara itu, bagi kalangan menengah, apartemen itu dijual pada harga Rp 250 juta-Rp 270 juta dengan cicilan Rp 1 juta per bulan.

Pria yang akrab disapa Emil itu menambahkan, meski harga berbeda, tidak ada perbedaan terkait fasilitas hunian. Perbedaan harga itu, kata Emil, didasarkan pada asas keadilan. "Di sinilah hukum berkeadilan dan subsidi," ucap Emil di Bandung, Kamis (8/10/2015).

Untuk mengantisipasi kecurangan, Pemkot Bandung bakal menerapkan sejumlah kriteria ketat. Dia meminta agar warga yang merasa mampu tidak memanipulasi data mereka menjadi warga miskin.

"Bulan Desember, proses seleksi kriteria yang tidak mampu seperti apa ini dimulai. Tidak mau kasus SKTM terulang, maka kami akan ketat verifikasi betu-betul. Jadi, kelompok tukang gorengan, tukang becak, bisa masuk kelompok yang Rp 55 juta," kata dia.

Namun, Emil melanjutkan, apartemen tersebut hanya mempunyai durasi tinggal selama 60 tahun dan tidak menjadi hak milik penghuni. "Soalnya, itu tanah negara. Tanah negara tidak bisa dilepas menjadi tanah pribadi, tetapi kan 60 tahun bisa buat dua generasi, daripada riweuh," kata Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com