Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh soal Utang, 3 Orang Tewas Saat Pesta Adat

Kompas.com - 02/10/2015, 08:26 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Tiga orang warga Desa Waikara, Kecamatan Kodi Balagar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT), tewas setelah terlibat saling bacok di arena pesta adat yang berlangsung di rumah salah seorang warga yang juga menjadi korban.

Tiga orang yang tewas adalah Winyu Bulu dan Rangga Kahele (tuan rumah pesta) dan Rehi Katoda yakni tamu undangan.

Kepala Kepolisian Daerah NTT, Brigjen Endang Sunjaya kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2015) pagi mengatakan, kejadian pembunuhan yang terjadi Kamis (1/10/2015) malam, gara-gara dendam masalah utang piutang.

“Kejadian pembunuhan itu di Kodi, yang tadinya adanya pesta adat di mana ada yang sudah dendam masalah hutang piutang saling ejek langsung disambut parang dan yang meninggal tiga orang dan satu tangan hampir putus,” kata Sunjaya.

Kejadian itu, kata Sunjaya, berawal ketika Rehi Katoda datang ke pesta untuk menagih utang seekor kerbau kepada Winyu Bulu (tuan rumah). Keduanya pun saling ejek dan terjadi pertengkaran hebat. Karena antara keduanya tidak ada yang mengalah, maka saling bacok dengan parang pun tak terhindarkan.

Di saat yang bersamaan, Rangga Kahele juga ikut membantu Winyu melawan Rehi. Perkelahian antara ketiganya berujung pada pembunuhan sadis. Ketiganya akhirnya tewas di tempat dengan sejumlah luka bacok di tubuh.

“Saat ini pasukan dari Brimob dan Sabhara serta fungsi lainnya sudah berada di lokasi untuk menangani masalah ini. Kita masih fokus pada pemulihan situasi dan langkah berikutnya baru penanganan proses penyidikan,” kata Sunjaya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com