Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Samarinda: Titik Api Bekurang, Kabut Asap Meningkat

Kompas.com - 12/09/2015, 16:32 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kondisi kabut asap di Samarinda, Kalimantan Timur, yang sudah terjadi selama sepekan, masih terus terjadi, bahkan semakin pekat. Padahal, dari pantauan citra satelit, telah terjadi penurunan jumlah titik api dalam dua hari terakhir.

Hingga Sabtu (12/9/2015) pagi, badan meteorologi dan geofisika (BMKG) Kota Samarinda mencatat ada 56 titik api di Kaltim. Dua hari sebelumnya, titik api yang tercatat mencapai 100 titik api.

Meski menurun, jumlah titik api ini diperkirakan tidak akan habis karena kemarau masih terjadi. Menurut Kepala BMKG Kota Samarinda, Sutrisno, belum ada indikasi penurunan kabut asap.

“Dengan menurunnya jumlah titik api atau hotspot di Kalimantan Timur, ini belum mengindikasikan untuk penurunan (asap) terus karena kondisi kemarau ini kita prediksikan puncaknya di Oktober,” kata Sutrisno, Sabtu.

Pantauan di lapangan, kondisi kabut asap di udara Kota Samarinda tidak mengalami penurunan. Kabut asap di Samarinda kini sudah mencapai 200 mikrogram per meter kubik, meningkat dari beberapa hari sebelumnya yang mencapai 180 mikrogram per meter kubik.

“Kondisi kabut asap ini diprediksi akan terus meningkat, karena hampri di seluruh wilayah Kalimantan mengalami kebakaran hutan dan lahan. Kabut asap ini menyebar sesuai arah angin,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com