Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Indah Plaza Terbakar, Api Muncul dari Toko Tas dan Sepatu

Kompas.com - 28/01/2015, 13:33 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Kebakaran terjadi di Bandung Indah Plaza (BIP) di Jalan Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/1/2015) sekitar pukul 11.30 WIB. Api dan kepulan asap muncul dari sebuah toko tas dan sepatu Misyelle di lantai 2.

Beruntung, api tidak merembet ke toko lainnya. Namun, peringatan kebakaran membuat para karyawan BIP dan pengunjung mal tersebut kocar-kacir berhamburan ke luar gedung.

Di depan halaman BIP, ratusan pegawai mal dan pengunjung berkumpul. Wajah mereka tampak panik. Sementara itu, arus lalu lintas di Jalan Merdeka sempat tersendat dan sedikit mengalami kemacetan.

Salah satu karyawati di lantai 2, Yulia (20), menceritakan bahwa karyawan di toko Misyelle berteriak ada api dan kepulan asap. 

"Saya lihat, karyawan toko di samping toko saya berteriak kebakaran dan berlari. Kami juga yang ada di sampingnya (samping toko yang terbakar) ikut panik dan segera turun ke bawah," kata Yulia di halaman BIP, Rabu siang.

Yulia mengatakan, saat itu kepulan asap hanya terlihat di toko Misyelle yang menjual sepatu dan tas.

"Saya lihat asap mengepul, listrik di toko itu juga padam. Saya mencium bau seperti kabel yang terbakar. Kami panik dan berlarian keluar," katanya.

Asap yang mengepul sempat tembus ke toko Levis Jeans yang ada di bawah toko yang terbakar.

"Apinya sih saya enggak lihat, tetapi kami lihat asapnya nembus ke toko kami. Toko kami itu tepat di bawahnya toko Misyelle yang kebakaran," kata karyawan Levis, Deffy Maulana (27), di halaman BIP, Jalan Merdeka.

Karyawati lain di gerai Levis, Ela Elya (19), berlari keluar begitu melihat asap tembus ke tokonya. Saat itu, dia bersama rekan kerjanya, Windya Caroline (24), sedang melayani pengunjung yang membeli celana jins.

"Kami saat itu sedang aktivitas seperti biasa. Tiba-tiba ada asap tembus ke toko kami, ditambah di lantai atas juga pada berteriak dan berlarian keluar. Kami panik melihat orang-orang di lantai 2 pada turun berlarian sambil berdesak-desakan. Kami dan pengunjung segera turun. Kami berlari berdesak-desakan," tambahnya.

Pada pukul 12.15 WIB, empat mobil Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung terpantau tiba di lokasi di Jalan Merdeka. Petugas langsung melakukan pemadaman dan pendinginan di toko Misyelle di lantai 2 tersebut.  

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung Ferdy Ligawswara memastikan, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.30. Namun, Ferdy belum bisa berspekulasi terkait munculnya api.

"Belum bisa kita pastikan penyebabnya (munculnya api). Itu nanti tugas kepolisian. Dugaan sementara, api terindikasi berasal dari korsleting listrik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com