Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BBM Naik, Antrean Kendaraan Terjadi di SPBU Dumai

Kompas.com - 17/11/2014, 22:28 WIB
DUMAI, KOMPAS.com — Antrean panjang kendaraan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Dumai, Riau, mulai terjadi guna mendapatkan BBM premium bersubsidi sebelum resmi naik menjadi Rp 8.500 per liter mulai pukul 00.00 WIB, Selasa (18/11/2014).

Pantauan Antara di Dumai, Senin malam, menunjukkan, petugas pengamanan dan pengisian SPBU di Jalan Budi Kemuliaan Dumai terpaksa harus menutup gerbang karena padatnya pengendara, khususnya sepeda motor yang mengantre dan melebihi kapasitas daya tampung.

SPBU Coco di Jalan Putri Tujuh juga mengalami antrean panjang hingga dua kilometer karena ratusan kendaraan mulai banyak menumpuk, menunggu giliran untuk masuk mengisi bahan bakar jenis premium dan solar.

"Mumpung masih murah, tak apa antre supaya kita bisa isi penuh tangki minyak kendaraan," kata seorang pengemudi sepeda motor, Zaki, warga Jalan Diponegoro.

Warga lain, Iwan, menyebutkan, antrean kendaraan di SPBU Coco mulai terjadi sejak pukul 20.00 WIB sebelum pemerintah mengumumkan secara resmi kenaikan harga BBM.

"Pukul delapan malam sudah banyak yang antre karena saat itu kebetulan saya melintasi jalur tersebut," ujarnya.

Seorang petugas pengisi di SPBU, Budi Kemuliaan, mengaku, meski antrean kendaraan panjang, pelayanan pengisian bahan bakar tetap dilakukan hingga pukul 22.30 WIB karena ia belum menerima petunjuk lembur.

Dia mengaku, sejauh ini tidak ada aksi borong minyak oleh pengendara karena diperuntukkan khusus bagi kendaraan dan tidak dibenarkan menggunakan wadah jeriken atau lain sebagainya.

"Pengisian tetap sesuai jadwal karena kami tidak ada lembur," kata petugas SPBU tersebut.

Presiden RI Joko Widodo malam ini resmi mengumumkan perubahan harga BBM premium bersubsidi dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500 per liter dan solar menjadi Rp 7.500 dari Rp 5.500 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com