Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kalah dari Jakarta, Brebes Luncurkan Kartu "Brebes Cerdas"

Kompas.com - 28/10/2014, 14:41 WIB
Ari Himawan Sarono

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Seakan tidak mau kalah dengan Jakarta, Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, meluncurkan Kartu Brebes Cerdas, Selasa (28/10/2014).

Kartu ini akan menggratiskan biaya pendidikan seperti uang bulanan dan dana pembangunan sekolah dari tingkat Sekolah Dasar (SD), hingga menengah atas. Program ini mirip dengan apa yang dilakukan Presiden Joko Widodo saat menjabat sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur Jakarta.

Bupati Brebes Idza Priyanti melakukan peluncuran di SMP Negeri 3 Brebes, dengan membagikan kartu itu kepada sejumlah siswa. Untuk tahap awal, sebanyak 23.909 siswa dari SD, SMP hingga SMA akan mendapatkan "Kartu Brebes Cerdas".

"Saya banyak menerima keluhan dari masyarakat ekonomi lemah kalau biaya sekolah mahal, oleh karena itu saya harus mewujudkan penggratisan biaya belajar," kata Bupati Idza.

Namun ada beberapa syarat yang harus dilengkapi siswa agar mendapatkan Kartu Brebes Cerdas, yaitu melampirkan surat keterangan tidak mampu atau orangtuanya ikut Program Keluarga Harapan.

Nantinya akan diproses oleh pihak sekolah melalui Dinas Pendidikan. "Berharap tidak ada lagi siswa yang tidak bersekolah karena ekonominya lemah," tutup Idza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com