Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Solar Sulit Diperoleh, Gelombang Tinggi, Lengkap Sudah Derita Kami"

Kompas.com - 15/09/2014, 13:20 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Sejumlah nelayan di Bengkulu mengeluhkan sukarnya mendapatkan solar di daerah itu sepekan belakangan ini. Kondisi diperparah dengan tingginya gelombang laut.

Sebelumnya Stasiun Meteorologi Klas III Fatmawati Soekarno (BMKG) Bengkulu mengingatkan tercatat mulai tanggal 16 hingga 17 September 2014 gelombang laut Bengkulu, Kepulauan Enggano dan Samudera Hindia tinggi antara tiga hingga lima meter.

"Kami tak bisa melaut, solar susah didapat, gelombang tinggi lengkap sudah penderitaan kami," kata Mulyadi, di Pasar Bengkulu, Senin (15/9/2014).

Meski demikian, ada juga sejumlah nelayan yang nekat melaut namun tetap saja tangkapan tak maksimal karena wilayah jelajah menjadi terbatas dan berisiko.

"Tangkapannya paling hanya bisa untuk konsumsi sendiri tak bisa dijual," jelasnya.

Mulyadi berharap dalam kondisi seperti ini ada semacam bantuan modal bagi nelayan untuk mempertahankan hidup sehari-hari.

"Selama ini kami kalau musim seperti ini akhirnya berhutang pada rentenir dan warung nanti dibayar kalau hasil tangkapan mulai banyak dan cuaca bersahabat," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com