Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kapal Tenggelam di Kapuas Bertambah Jadi 15 Orang

Kompas.com - 30/07/2014, 22:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Jumlah korban tewas dalam peristiwa tenggelamnya kapal feri penyeberangan "Berkah Bersaudara" di Sungai Kapuas, Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, pada Selasa (29/7/2014) pagi kemarin, bertambah menjadi 15 orang. Tiga orang korban lainnya masih dalam pencarian.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (30/7/2014), mengatakan bahwa sore ini tim SAR gabungan menemukan tiga korban meninggal. "Sebanyak 3 jenasah masih dalam proses identifikasi di rumah sakit," kata Sutopo dalam keterangan persnya hari ini.

Adapun 12 korban tewas lain yang telah  diidentifikasi adalah sebagai berikut:
1. Anita/P/20 thn
2. Ny. Lia/P/25 thn
3. Muslim/L/7 thn
4. Angga/L/9 thn
5. Zainal H./L/38 thn
6. Supiyani/P/23 thn
7. Anas Ima E./P/6 thn
8. Ny. Hj. Rukayah/P/45 thn
9. Samsuni/L/35 thn
10. Ny. Rosmah Yulidah/P/44 thn
11. Ny. Yuliyani/P/20 thn
12. Muhritah/P/15 thn

Sutopo mengatakan, jumlah korban selamat sebanyak 52 orang. Sementara itu, 5 orang korban masih dirawat di Rumah Sakit Kapuas. Tim SAR juga telah memindahkan 19 sepeda motor yang dibawa di kapal tersebut. "Tidak adanya manifes yang baik menyebabkan jumlah sepeda motor yang tenggelam berkisar antara 20 hingga 40 unit," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, besok pagi tim SAR gabungan dari Basarnas, Polri, TNI, BPBD, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat akan melanjutkan pencarian korban. Tim SAR gabungan mencari korban di tempat kejadian perkara dan menyusuri Sungai Kapuas searah arus sungai.

"Bantuan dari masyarakat sebagai penyelam tradisional yang membantu untuk melakukan penyelaman ke bawah permukaan sungai," katanya.

Kapal itu diduga tenggelam akibat kelebihan muatan (overload). Dalam manifes, tercatat ada 60 orang penumpang. Namun, diperkirakan jumlah penumpang keseluruhan total sekitar 70 orang.

"Ada 3 orang selaku motorist, ABK (anak buah kapal), dan pemilik kapal diamankan saat ini telah diamankan Polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Sutopo.

Baca juga:
- Kapal Penyeberangan Tenggelam, 12 Orang Tewas, 6 Hilang
- Empat Korban Feri Tenggelam Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com