Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Bagi-bagi Insentif Rp 7,3 Miliar untuk Ketua RT/RW Se-Banyuwangi

Kompas.com - 04/07/2014, 10:45 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memberikan insentif sekitar Rp 7,3 miliar kepada 12.277 Ketua RT/RW se-Kabupaten Banyuwangi. Nilai yang diberikan kepada setiap perangkat pemerintahan terkecil ini setiap tahun adalah Rp 600.000.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap insentif yang diberikan bisa membuat RT/RW lebih optimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain memberikan insentif, Abdullah juga merencanakan agenda pertemuan dengan seluruh Ketua RT/RW secara rutin untuk melaporkan kinerja Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi.

"Pertemuan dengan seluruh ketua RT/RW ini merupakan alternatif forum penyampaian pertanggungjawaban publik kepada rakyat. Ini melengkapi berbagai sarana pertanggung-jawaban lainnya seperti melalui media konvensional, media sosial, dan pertemuan dengan stakeholders lain. Tentu saja pertanggungjawaban juga kami sampaikan ke forum resmi melalui legislatif Banyuwangi," ujarnya, Jumat (4/7/2014).

Dia mengatakan nanti secara bergiliran, forum pertanggungjawaban serupa juga digilir ke kecamatan-kecamatan lain, baik disampaikan secara langsung oleh bupati, wakil bupati, maupun kepala dinas.

Anas mengatakan, pertanggungjawaban publik melalui RT/RW ini adalah bagian dari tata kelola kepemerintahan yang baik yang berprinsip transparan, bertanggung jawab, dan akuntabel.

"Apa-apa yang dikerjakan oleh pemerintah daerah harus transparan, ada pihak yang bertanggung jawab, dan bisa dicek akuntabilitasnya," ujar Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com