Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman UN SMP, Polisi Jaga Batas Kota

Kompas.com - 14/06/2014, 07:35 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Hari ini, Sabtu (14/6/2014), peserta ujian nasional tingkat SMP akan menerima pengumuman kelulusan. Mengantisipasi aksi konvoi kendaraan di jalan raya dan kemungkinan tawuran antarpelajar, Satlantas Polres Semarang mendatangi semua sekolah dan mengimbau siswa tak menggelar konvoi, serta berjaga di daerah perbatasan.

"Siswa kelas X saja belum diperkenankan memegang surat izin mengemudi (SIM), apalagi lulusan SMP/MTs. Jelas dilarang keras, menyalahi ketentuan, dan akan kami tindak tegas dengan aturan yang berlaku," ungkap Kasat Lantas Polres Semarang AKP Suwarsi saat dihubungi, Jumat (13/6/2014) malam.

Guna mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan termasuk aksi tawuran antarpelajar, Kasat Lantas telah memerintahkan anggotanya serta meminta bantuan personel kendali massa (Dalmas) Polres Semarang untuk berjaga-jaga di perbatasan.

Daerah yang akan dijaga antara lain adalah Taman Serasi yang merupakan perbatasan Kota Semarang dengan Kabupaten Semarang, dan wilayah Tuntang yang menjadi perbatasan Kabupaten Semarang dengan Kota Salatiga.

"Perintah pimpinan akan kami tindak lanjuti dengan siaga dan menghalau konvoi dari luar wilayah yang melintas di perbatasan, seluruh jalan, termasuk lokasi wisata," ujar Suwarsi.

Sementara itu, Kabid SMP/MTs Dinas P dan K Kabupaten Semarang Adi Prasetyo menjelaskan, sekolah akan mengumumkan kelulusan siswa pada pukul 15.00 WIB. Dia juga meminta para siswa tak perlu datang ke sekolah saat pengumuman itu untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

"Undangan hanya ditujukan untuk orangtua, dalam undangan tadi kami sisipkan imbauan supaya masing-masing orangtua atau wali tidak mengajak anaknya demi menjaga situasi dan kondusivitas di lapangan," ujar Adi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com