Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berulang Kali Tertunda, Putaran Kedua Pilkada Mimika Berlangsung Hari Ini

Kompas.com - 31/05/2014, 07:00 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com -  Setelah sempat tertunda beberapa kali, putaran kedua pemilu kepala daerah Kabupaten Mimika akan berlangsung pagi ini, Sabtu (31/5/2014). Pasangan yang akan berebut dukungan adalah Abdul Muis-Hans Magal dari Koalisi Aman dan pasangan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang dari Koalisi Ombas.

Dua pasangan tersebut merupakan peraih suara terbanyak pada putaran pertama pilkada Kabupaten Mimika yang digelar pada 10 Oktober 2013. Saat itu, pasangan Aman mendapatkan dukungan 25,1 persen dan pasangan Ombas mendapatkan 21,95 persen dukungan.

"Distribusi logistik sudah dilakukan sejak Kamis (29/5/2014)," kata Sekretaris KPU Mimika Bernardinus Songbes, Jumat (30/5/2014). Putaran kedua pilkada Kabupaten Mimika ini mencatatkan 222.226 pemilik dalam daftar pemilih.

Pengamanan putaran kedua pilkada ini melibatkan 800 polisi dan 100 tentara dari gabungan satuan TNI. Kepala Kepolisian Resort Mimika, AKBP Jermias Rontini, mengatakan polisi untuk pengamanan ini berasal dari Polres Mimika, Polda Papua, dan Brimob Detasemen B Timika.

Bersama 100 tentara, kata Jermias, seluruh aparat ini disebar mengamankan 572 tempat pemungutan suara di 12 distrik. Kondisi di wilayah itu, menurutnya kondusif tetapi ada beberapa potensi persoalan. Di antara kerawanan yang diantisipasi adalah bentrok warga di kawasan Jayanti, yang berulang sejak Januari 2014.

Selain pengamanan tersebut, Polres Mimika juga menandatangani perjanjian dengan KPU Mimika untuk mencegah terulangnya kecurangan melibatkan anggota KPU. Pada Pemilu Legislatif 2014, diduga anggota KPU sengaja menghilangkan 75 persen formulir C1 alias data awal perhitungan suara di TPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com