Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bea Cukai Semarang Gagalkan Penyelundupan 3,5 Kg Ekstasi di Lampu Sorot dari Malaysia

Kompas.com - 04/04/2014, 06:14 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY menggagalkan penyelundupan sekitar 3,5 kilogram ekstasi dari Malaysia. Pelaku menyamarkan barang haram ini dengan menyembunyikannya di dalam lampu sorot.

"Kami tangkap pelaku OAI (38) di Terminal Kedatangan Bandara Ahmad Yani, Semarang," kata Pelaksana Tugas Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng-DIY, Parjiya, di Semarang, Kamis (3/4/2014). Dia mengatakan, pelaku menumpang pesawat Air Asia AK328.

Dari tangan OAI, petugas mendapatkan 11.480 butir ekstasi atau setara 3.429 gram narkoba. Bila dinominalkan, sebut Parjiya, nilainya tak kurang dari Rp 3,4 miliar.

Menurut Parjiya, petugas sudah mencurigai tersangka berdasarkan gerak-gerik dan barang bawaannya. OAI tiba di Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (2/4/2014).

Setelah OAI menyerahkan paspor dan customs declaration (CD) untuk pemeriksaan sinar X barang bawaan, kata Parjiya, petugas mendapati empat kardus kecil yang tiap-tiapnya berisi lampu sorot. "Di dalam lampu sorot inilah tim menemukan butiran ekstasi dalam kemasan plastik," ujar dia.

Uji laboratorium pada Balai Pengujian dan Identifikasi Barang Tipe A menunjukkan, butiran yang dimaksud adalah ekstasi atau Methylenedioxymethamphetamine. Saat ini OAI meringkuk di tahanan Polda Jawa Tengah untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Ekstasi juga sudah diserahkan ke Polda Metro Jaya sebagai barang sitaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com