Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Kontainer Terguling, Sopir Terjepit Selama 3 Jam

Kompas.com - 07/01/2014, 17:36 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis


KENDARI, KOMPAS.com - Sebuah truk kontainer terguling setelah menyeruduk pohon di Jalan Wayong, Kecamatan Mandonga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (7/1/2014). Kecelakaan tunggal itu mengakibatkan tiga orang dalam truk terluka parah, dan dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Kendari.

Peristiwa itu terjadi saat truk nomor polisi DD 9465 OG yang dikemudikan oleh Sandi (30), hendak membongkar muatan barang campuran yang diangkut dari pelabuhan Kendari menuju gudang milik PT Rizki Laefasto Surabaya. Namun, nahas karena rem blong, laju mobil tidak dapat dikendalikan hingga akhirnya truk terguling dan menabrak pohon. Akibatnya, sopir terjepit dalam truk kontainer.

Polisi dibantu warga setempat membutuhkan waktu tiga jam untuk mengeluarkan Sandi yang masih terjepit dalam truk kontainer. Sopir akhir berhasil dievakuasi dengan bantuan alat berat (kendaraan derek), kemudian dilarikan ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan pertolongan.

Mustapa, mertua Sandi, menuturkan, sopir terpaksa membelokkan truk ke sebuah pohan besar hingga truk konteiner terbalik dan bersandar pada pohon besar tersebut. Sandi akhirnya terjepit di antara pintu truk konteiner dengan pohon selama tiga jam.

"Dia terpaksa banting stir ke sebelah kiri, namun malah menabrak pohon. Tujuannya agar mobil berhenti dan menghindari tabrakan dengan mobil lain, termasuk rumah warga, tetapi malah terguling,” tutur Mustapa, di lokasi kejadian, Selasa (7/1/2013).

Ia mengetahui kejadian itu setelah menerima telepon dari Sandi dalam kondisi terjepit sekitar pukul 10.00 Wita. Saat menuju ke lokasi kejadian, dirinya langsung memanggil Sandi yang sedang terjepit kontainer. Ternyata dia masih hidup. Sementara dua kondekturnya, Mail dan Irwan dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Kendari karena mengalami pendarahan di sekitar kepala.

Di lokasi kejadian, Yanti salah seorang agen ekspedisi yang menyuplai barang ke PT Rezki Laefasto menjelaskan, pihaknya hanya menjalankan jasa ekspedisi menggunakan kontainer sewaan untuk mengantar barang sesuai permintaan.

“Kami tetap bertanggung jawab terhadap ketiganya (sopir dan dua kondektur, red) untuk biaya pengobatan, namun kami belum mengetahui besarannya,” terangnya.

Sementara itu, pihak pengelola jasa ekspedisi kontainer berusaha memindahkan truk yang melintang di jalan tersebut. Tidak ada korban tewas dalam peristiwa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com