Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelundupan Narkoba Pakai Bola Tenis Terbilang Rapi

Kompas.com - 19/12/2013, 21:48 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com
- Modus penyelundupan narkoba dengan memakai bola tenis ke Lapas Kelas IIB Pakem, Sleman, Yogyakarta terbilang rapi. Ada kesepakatan waktu antara kurir narkoba dengan operator di dalam Lapas untuk memasukkan narkoba ke Lapas melalui bola tenis.

Selain itu, titik lempar bola tenis berisi narkoba juga sudah ditentukan. Bahkan, bola tenis yang dilemparkan juga diberi identitas pemesan narkoba.

"Sudah ada komunikasi dan koordinasi antara peluncur dengan operator yang ada di dalam lapas," jelas Kasat Narkoba Polres Sleman, AKP Dhanang Bagus Anggoro, Kamis (19/12/2013).

Berdasarkan keterangan tersangka, pelemparan bola tenis berisi narkoba dilakukan antara pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Sebab, dalam kurun waktu itu, para penghuni Lapas sedang dalam keadaan kegiatan bebas.

"Di sebelah utara lapas ada dua tiang listrik, dari tengah-tengah tiang itulah titik dimana tersangka melemparkan bola tenis ke dalam lapas," jelasnya.

Bola yang dilemparkan dari luar diposisikan jatuh ke kolam renang di dalam lapas atau lokasi kebun warga binaan. Agar tidak rusak atau basah, sebelum dimasukan ke bola tenis, narkoba pesanan dibungkus plastik dan dilakban.

"Bola yang dilempar juga diberi identitas. Sisalnya Sel A, Sel B. Tujuanya agar barang tidak tertukar dan sampai ke tangan pemesan," ucapnya.

Dhanang mengungkapkan, tersangka sudah sekitar satu tahun menjadi peluncur (kurir) mengirimkan narkoba berupa sabu, ganja dan putau ke dalam lapas.

"Dari satu bola yang dilempar, dia (tersangka) mendapatkan upah antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000," katanya.

Diberitakan sebelumnya, jajaran Satresnarkoba Polres Sleman meringkus seorang tersangka pemasok narkotika jenis ganja, sabu dan putaw ke dalam lapas Narkotika Kelas IIB Pakem, Sleman. Modus pengiriman yang dilakukan tersangka Adrian (27), warga Yogya, Mrican Condongcatur, Sleman ini tergolong unik, yakni melemparkan bola tenis berisi narkoba dari luar pagar ke dalam lapas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com