Bupati Karanganyar Perpanjang Daftar Kepala Daerah Bermasalah

Kompas.com - 15/11/2013, 19:34 WIB
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi DEYTRI ROBEKKA ARITONANGMenteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan, belum mendapat surat pemberitahuan resmi soal penetapan Bupati Karanganyar Rina Iriani Sri Ratnaningsih sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Meskipun demikian, menurutnya, Rina Iriani menambah panjang daftar kepala daerah yang tersangkut kasus hukum. "Kalau benar begitu (Rina Iriani jadi tersangka), berarti sudah 311 kepala daerah yang terkait masalah-masalah hukum," kata Gamawan di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2013).

Ia tidak berkomentar banyak soal proses hukum kepala daerah itu. "Saya belum dapat surat resminya, mudah-mudahan dalam waktu dekat.  Biasanya dari lembaga yang menetapkan tersangka itu ada informasi ke kami, termasuk kalau dari KPK juga," tambah Gamawan.

Yang pasti, kata dia, pihaknya belum dapat mengambil tindakan administratif terhadap Rina Iriani, karena status hukumnya yang masih tersangka. "Kalau tersangka itu belum ada (sanksi), tapi kalau sudah terdakwa sesuai undang-undang itu akan dinon-aktifkan," kata mantan Gubernur Sumatera Barat itu.


Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah telah menetapkan Rina Iriani sebagai tersangka atas dugaan kasus korupsi subsidi perumahan Griya Lawu Asri (GLA) di Kabupaten Karanganyar pada 2007 hingga 2008 senilai Rp18,4 miliar.

Kepala Kejati Babul Khoir Harahap mengatakan penetapan tersebut berdasarkan surat perintah penyidikan Nomor 37/0.3/vd.1/11 tahun 2013. "Penyelidikan sudah ditingkatkan menjadi penyidikan mulai 13 November 2013.  Tersangka diduga menikmati uang sekitar Rp11,1 miliar dari kerugian negara yang terjadi," katanya.

Rina disangka berperan dalam memberikan rekomendasi kepada KSU Sejahtera dalam menyalurkan subsidi program Kementerian Perumahan Rakyat itu tanpa verifikasi dan rekomendasi Dinas Koperasi setempat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X