Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Beri "One Stop Services" bagi Produser Film Hollywood

Kompas.com - 05/09/2013, 16:06 WIB
Kontributor Bali, Muhammad Hasanudin

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com — Sebagai salah satu strategi mendongkrak pariwisata Indonesia di dunia internasional, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu membuat kebijakan khusus kepada industri film Hollywood yang tertarik memproduksi film di Indonesia.

"Apa yang akan kita lakukan untuk menarik lebih banyak shooting film di Indonesia adalah memberi layanan yang terbaik. Indonesia very competitif location, tenaga kerja, aktor, kru, and soon good quality," ujar Mari Elka di sela-sela menghadiri Konferensi CEO Global Forbes di Nusa Dua, Bali, Kamis (5/9/2013).

Tawaran menarik dari Menparekraf yang diyakini semakin mengundang minat para produser film Hollywood adalah layanan one stop services. "Pelayanan one stop services untuk melayani semua izin. Kalau shooting perlu visa, banyak equipment masuk dan harus keluar lagi, ada kemudahan yang kita berikan dalam pelayanan itu dan sudah kita lakukan beberapa kali," ucap mantan Menperindag ini.

Untuk layanan one stop services, Mari Elka telah bekerja sama dengan pihak imigrasi, bea cukai, kepolisian, hingga pemerintah daerah. Salah seorang produser yang juga sutradara ternama Hollywood, Michael Mann, mengaku puas atas layanan tersebut saat shooting di Jakarta pada bulan lalu.

"Produser Michael Mann sangat happy dengan pelayanan yang kita berikan," ungkap Mari Elka. Dengan kemudahan ini, diharapkan semakin banyak produser dan sutradara film Hollywood yang melirik Indonesia sehingga berdampak positif terhadap kemajuan pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com