Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga NTT Kecewa Tak Bisa Nonton Siaran Langsung Piala Konfederasi

Kompas.com - 01/07/2013, 02:52 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis



KUPANG, KOMPAS.com - Perhelatan Piala Konfederasi 2013 di Brasil, sejak 16 Juni 2013 lalu yang disiarkan secara langsung oleh dua televisi nasional, ternyata tidak bisa ditonton seluruh warga Indonesia, khususnya yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Akibatnya warga khususnya para penggila bola, kecewa. “Sebagian besar kami warga NTT masih menggunakan antene parabola sehingga pada saat acara siaran langsung piala konfederasi, acaranya langsung diacak. Bukan hanya piala konfederasi saja, tetapi piala asia, piala eropa dan piala dunia juga siarannya diacak. Kami sangat kecewa dengan pihak stasiun TV, ANTV dan TV One yang mengacak siaran bola ini,” kata Herman Nahak warga Lasiana, Kabupaten Kupang, kepada Kompas.com, Minggu (30/6/2013).

Menurut Herman, seharusnya tayangan bola kelas dunia yang banyak disukai oleh sebagian besar warga Indonesia dan NTT khususnya bisa diberikan kemudahan untuk mengaksesnya.

”Kalau mau acak, acaklah sinetron atau tayangan-tayangan kekerasan yang tidak ada nilai tambah untuk penonton,” kata Herman.

Hal yang sama juga disampaikan Yulius Salu warga Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Yohanes Bansae, warga Desa Tubuhue, Kecamatan Amanuban Barat, Timor Tengah Selatan (TTS), yang dihubungi Kompas.com secara terpisah melalui telepon seluler mengaku kecewa dengan diacaknya siaran bola kelas dunia itu.

“Apalagi besok adalah final antara Brasil dan Spanyol yang menjadi final impian semua pecinta bola yang ada di dunia. Kami sekarang bingung, mau nonton bola dimana? Katanya tayangan bola bisa kita nonton kalau kita beli parabola merek matrix garuda. Ini namanya mafia bisnis, karena setiap, menjelang piala dunia, selalu saja muncul parabola yang dijual khusus untuk siaran langsung bola,” kata Yulius Salu.

Sementara itu, Yohanes Bansae meminta kepada pemerintah melalui Kementrian Informasi dan Komunikasi agar memberikan sanksi kepada stasiun teve yang mengacak setiap siaran langsung sepakbola dan menindak dengan tegas para mafia bisnis parabola.

”Kenapa saat menjelang piala dunia atau kejuaran dunia lainnya selalu saja diacak dan kita diarahkan untuk membeli parabola tertentu. Pemerintah jangan hanya diam saja tetapi dengarlah keluhan masyarakat yang berada di luar pulau jawa,” kata Bansae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com