Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konjen AS Puji Kegiatan Komunitas Dinding Mahasiswa Unsrat

Kompas.com - 30/06/2013, 01:31 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com -- Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS) di Surabaya Joaquin F Monserrate, mengatakan mahasiswa Amerika harus mencontoh mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) , Manado.

Hal itu disampaikan Monserrate ketika menanggapi pertanyaan Kompas.com terkait kegiatan sekelompok mahasiswa Unsrat yang tergabung dalam Komunitas Dinding.

"Pendidikan menjadi perhatian pemerintah Amerika. Dan kami sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan mahasiswa disini," ujar Monserrate ketika mengunjungi kelas belajar yang digelar Komunitas Dinding di Lantai 3 Pasar Bersehati, Manado, Sabtu (29/6/2013).

Menurut Monserrate semestinya semua warga negara punya kesempatan mengakses pendidikan, karena pendidikan merupakan hak dasar setiap manusia, termasuk warga miskin sekalipun.

Kegiatan Komunitas Dinding sangat menarik perhatian Monserrate, sehingga diplomat AS ini meluangkan waktu untuk melihat langsung kelas belajar tersebut.

Kelas belajar Komunitas Dinding, merupakan kelas gratis untuk mendidik anak-anak keluarga yang kurang mampu di Pasar Bersehati Manado.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, setiap Sabtu sekelompok mahasiswa mengajar ratusan anak-anak ini.

Dengan dana pribadi dan tanpa berharap dana pemerintah para mahasiswa ini mendidik anak-anak tersebut agar bisa membaca tulis dan sejumlah pengetahuan dasar lainnya.

Salah satu pengurus Komunitas Dinding, Jessica Salindeho mengakui sangat senang dengan kedatangan Konjen AS ke lokasi kelas belajar mereka.

"Konjen bisa melihat sendiri, bagaimana kami mengajar anak-anak ini seadanya. Hanya beralaskan terpal di lantai pasar yang kosong, dan di antara jemuran cabe kering para penjual," ujar Jessica.

Monserrate sendiri berjanji untuk memberikan bantuan kepada Komunitas Dinding agar lebih banyak menjangkau anak-anak yang kurang beruntung.

Monserrate yang berkunjung tanpa pengawalan ketat nampak sangat menikmati kegiatannya itu.

Bahkan Konjen AS dengan staffnya ikut larut dalam permainan anak-anak didik Komunitas Dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com