Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Warga Miskin di Manado Tak Terima BLSM

Kompas.com - 28/06/2013, 16:38 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com — Penyaluran dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) di Sulawesi Utara telah dimulai sejak beberapa hari lalu. Hari ini, Jumat (28/6/2013), penyaluran dana BLSM dilakukan di beberapa kelurahan yang ada di Kota Manado.

"Di Sulut sendiri ada sebanyak 163.660 KPS yang akan menerima dana kompensasi atas kenaikan harga BBM bersubsidi tersebut," kata Kepala Kantor Pos Manado, Purgiyanto, ketika ditemui Kompas.com, Jumat (28/6/2013).

Menurut Purgianto, data tersebut diterimanya dari pusat. Dia mengaku tidak lagi melakukan verifikasi penerima apakah yang tertera tersebut tepat sasaran atau tidak. "Target kami bulan Juli, penyaluran BLSM tahap pertama sudah selesai," tambah Purgianto.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Pakowa, Stanly Tombokan, mengaku bahwa banyak warganya yang semestinya masuk dalam daftar penerima BLSM, tetapi tidak ada dalam daftar.

"Kalau berdasarkan data warga miskin yang ada di kelurahan, semestinya ada 400 warga yang menerima, tetapi daftar yang kami dapat hanya sebanyak 183 KPS," ujar Stanly.

Stanly tidak tahu-menahu daftar tersebut didasarkan pada kriteria apa. Dia hanya ingat sekitar setahun lalu, dinas sosial pernah melakukan pendataan warga miskin di wilayahnya.

"Mungkin berdasarkan pendataan itu. Tapi, untuk tahap berikut, saya akan melakukabn verifikasi dan mengusulkan perubahan data," janji Stanly.

Perbedaan data tersebut membuat beberapa warga memprotes pembagian penyaluran BLSM yang dilangsungkan di Kantor Lurah Pakowa. Beberapa warga merasa semestinya layak menerima BLSM, tetapi tidak masuk dalam daftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com