Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ijazah Palsu Pelatihan Satpam Beredar di Surabaya

Kompas.com - 26/06/2013, 19:14 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Masyarakat perlu waspada karena saat ini beredar puluhan Ijazah Pelatihan Dasar (Latsar) Satpam palsu yang seolah-olah dikeluarkan Polda Jatim.

Seorang pejabat perusahaan penyedia tenaga satpam diamankan. Dia adalah Iksan Rachmat (63), warga Semolowaru Surabaya yang merupakan kepala cabang perusahaan penyedian satpam, PT Laksana Bintang Jakarta (LBJ) Surabaya.

"Hasil pendataan, sudah ada sekitar 66 ijazah palsu yang beredar dan digunakan oleh pengguna untuk melamar sebagai satpam," kata Kasubbid Penmas Polda Jatim AKBP Suhartoyo, Rabu (26/6/2013).

Dari tangan tersangka, polisi juga mengamankan 96 lembar ijazah satpam palsu. Termasuk sejumlah peralatan yang digunakan untuk melakukan pemalsuan.

"Hampir semua komponen dokumen Polda Jatim dipalsukan, dari kop Polri, nomor register, hingga tanda tangan pejabat," jelasnya.

PT LBJ adalah salah satu perusahaan pemenang pengadaan tenaga kerja satpam. Perusahaan ini mendapat jatah 100 tenaga satpam untuk bertugas di Kabupaten Sidoarjo.

"Kami masih terus melakukan pengembangan untuk mendeteksi jaringan yang lebih luas," pungkas Suhartoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com