Salin Artikel

Pj Gubernur Sumsel Harap Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan Segera Direalisasikan

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berharap Bandara Gatot Subroto Way Kanan segera beroperasi secara komersial.

Baginya, kehadiran Bandara Gatot Subroto Way Kanan sangat penting untuk membantu kebutuhan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sekitarnya.

Harapan ini diungkapkan Fatoni saat beraudiensi dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi guna membahas soal reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI), Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Kami sampaikan kebutuhannya sangat besar, juga potensinya sangat besar, dan bandara juga sudah siap. Oleh karena itu, kita sampaikan semua, kita hadirkan seluruh bupati yang ada di situ, ada Kabupaten Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU, OKU Selatan, dan Lampung Barat. Pemerintah daerah (pemda) juga siap mendukung,” ujar Fatoni dalam keterangan persnya, Kamis (7/3/2024).

Agus Fatoni juga mengatakan, akan ada enam Kabupaten atau Kota yang menerima manfaat dari hadirnya Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Pasalnya, lokasi bandara yang berada di perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

“Yang terdekat justru di Kabupaten OKU Timur, ibu kotanya Martapura, kemudian Way Kanan, Batu Raja, Muara Dua, dan Lampung Barat,” jelas Fatoni.

Sejauh ini, persiapan yang dilakukan sudah hampir siap, dimulai dari anggaran, hubungan perusahaan-perusahaan pendukung, hingga pembangunan bandara, meskipun masih perlu pembenahan sedikit.

"Maka dari itu, kami berharap, agar bandara dapat direalisasikan secepatnya dan bisa segera dioperasikan oleh masyarakat Sumsel dan Lampung," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menyambut baik rencana reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan. Ia bahkan memberi opsi untuk mengupayakan pesawat ATR guna mendukung percepatan reaktivasi bandara tersebut.

“Tapi, pada prinsipnya, kami akan upayakan percepatan reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan akan segera beroperasi untuk komersial kembali,” ucap Menhub.

https://regional.kompas.com/read/2024/03/07/101140478/pj-gubernur-sumsel-harap-reaktivasi-bandara-gatot-subroto-way-kanan-segera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke