Salin Artikel

Analisis Gempa Magnitudo 4,7 di Kalsel Hari Ini

KOMPAS.com - Gempa tektonik dengan magnitudo 4,7 mengguncang wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) pada hari ini, Selasa (13/2/2024) pukul 08.22 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,19° LS; 115,12° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 kilometer arah Timur Laut Banjar, Kalimantan Selatan pada kedalaman 10 km.

Gempa di Kalsel ini dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat adanya aktivitas Sesar Meratus.

"Berdasarkan estimasi peta guncangan, gempa bumi ini menimbulkan guncangan di sejumlah daerah," ujarnya, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/2/2024).

Daerah yang mengalami guncangan akibat gempa Kalsel ini di antaranya yakni Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan (Kabupaten Barito Kuala) dengan III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah).

Selanjutnya Kota Sampit, Pulau Pisau, dan Kota Palangkaraya dengan II-III MMI (Getaran terasa seakan-akan truk berlalu).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/02/13/120247878/analisis-gempa-magnitudo-47-di-kalsel-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke