Salin Artikel

Kendalikan Inflasi, Pj Bupati Tangerang Tanam Cabai bersama Masyarakat

KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony berharap pola pertanian terpadu berkelanjutan atau integrated farming memberikan manfaat dan hasil panen bagi masyarakat Kecamatan Pakuhaji.

Dia mengatakan itu saat melakukan penanaman bibit cabai di lahan sepanjang 6.000 meter (m) di Desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji, Rabu (31/1/2024). 

"Hari ini kami datang di Kecamatan Pakuhaji Desa Kohod untuk menanam cabai di lahan seluas 6.000 m, bersamaan dengan penebaran benih ikan luas di sekitar lahan cabai sebagai salah salah satu pola integrated farming," ujarnya dalam siaran pers. 

Andi mengatakan, penanaman cabai bukan hanya untuk menekan inflasi, tetapi juga memanfaatkan lahan untuk beberapa komoditi dalam satu area lahan. 

"Kami berharap pola integrated farming ini nanti hasilnya maksimal. Bukan hanya bisa dinikmati masyarakat sekitar, tetapi juga masyarakat di luar Kecamatan Pakuhaji," harapnya.

Lebih lanjut, Andi meminta Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Tangerang mengembangkan pola pertanian terpadu berkelanjutan di wilayah lain, bukan hanya di Desa Kohod Pakuhaji. 

"Ini merupakan contoh yang baik dari Kepala Desa Kohod. Saya mohon kepada Distan menjadi pembimbing dan ini bisa menjadi pertanian terpadu berkelanjutan. Bukan hanya tanaman, tetapi juga perikanan juga bisa ternak ayam atau bebek," katanya.

Dia juga meminta para kepala desa lain berkolaborasi dan berinovasi mengembangkan potensi daerah masing-masing serta bekerja sama dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, baik pihak kecamatan maupun stakeholder lain.

"Saya minta ini bukan hanya kegiatan seremonial saja, tetapi akan berkelanjutan ke depannya. Ini akan dicontoh para kepala desa yang lain di Kecamatan Pakuhaji maupun di kecamatan lainnya," jelasnya.

Andi turut mengapresiasi Kepala Desa (Kades) Kohod terkait pengembangan pola pertanian terpadu berkelanjutan yang berkolaborasi dengan Distan Kabupaten Tangerang. 

"Saya sangat mengapresiasi program Kepala Desa Kohod dan kepala desa lain di Pakuhaji atas kepeduliannya mendukung program pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang,” katanya.

Dia menyebutkan, program tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengatasi inflasi.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/31/194020878/kendalikan-inflasi-pj-bupati-tangerang-tanam-cabai-bersama-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke