Salin Artikel

Rahasia Brand Lokal Asal Bandung Daclen Bertahan di Era Digital

KOMPAS.com - Berbekal pengalaman belasan tahun di bisnis fashion khususnya tas dan koper, Parmadi Budiprasetyo membuka brand-nya sendiri pada 2021.

Brand asal Bandung ini diberi nama Daclen. Meski saat didirikan Indonesia masih bergelut dengan pandemi Covid-19, pria yang menjabat Direktur PT Daclen Multi Anugrah ini optimistis brand-nya bisa berkembang.

Keyakinannya didasarkan pada pengalamannya selama belasan tahun di bidang tersebut. Ia pun mengantongi sejumlah strategi untuk bisa bertahan.

"Ada lima tips untuk bertahan di era bisnis zaman sekarang," ujar Parmadi kepada Kompas.com, Minggu (21/1/2024).

Pertama, mempunyai sistem teknologi sehingga bisa berkembang sesuai zaman. Kedua, memiliki produk-produk eksklusif dengan keunggulan berbeda dengan produk lainnya.

Ketiga, inovasi produk. Seperti mengeluarkan produk terbaru sesuai dengan perkembangan zaman. Keempat mengoptimalkan cara pemasaran di kalangan reseller. Terakhir mengutamakan benefit, berupa komisi dan bonus.

Dengan lima tips ini, Daclen terus berkembang. Teranyar, mereka mengeluarkan koleksi terbarunya, seperti Pegasus Dual Backpack dan Tara Laptop Backpack.

Tas-tas tersebut dirancang secara cermat menggabungkan beragam bahan berkualitas tinggi, dirancang khusus untuk berbagai fungsi dan gaya.

"Meskipun bahan yang digunakan berbeda untuk setiap jenis tas, kami fokus terhadap kualitas eksklusif," bebernya.

Ketika ditanya suka dan duka menjalankan bisnis, Parmadi mengaku bahagia bila pelanggan puas dengan produk dan sistem yang dibuat.

"Dukanya, proses pemasaran tidak mudah di tengah para pesaing bisnis lainnya," tutupnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/01/22/150546178/rahasia-brand-lokal-asal-bandung-daclen-bertahan-di-era-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke