Salin Artikel

Daftar Jadi Ketum KONI Sumsel, 2 Bakal Calon Bawa Mahar Rp 500 Juta

Kedua bakal calon yang maju sebagai Ketua KONI Sumatera Selatan tersebut adalah Muhammad Asrul Indrawan dan Yulian Gunhar.

Ketua Tim Penyaringan dan Penjaringan (TPP) KONI Sumatera Selatan, Widodo Sigit Pudjianto mengatakan, pengembalian formulir pendaftaran itu telah berlangsung pada Senin (27/11/2023) malam.

Setelah keduanya mengembalikan formulir pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah melakukan verifikasi dan penetapan para Calon ketua KONI Sumatera Selatan.

Widodo menerangkan, uang Rp 500 juta yang dibawa calon itu sebelumnya disepakati bersama sebagai bentuk keseriusan untuk membenahi KONI.

Bila terpilih, uang tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan olahraga.

“Jika tidak terpilih maka uang ini akan dikembalikan, ini sesuai dengan kesepakatan bersama,” kata Widodo saat dihubungi, Selasa (28/11/2023).

Syarat memberikan uang mahar Rp 500 juta ini sebelumnya disepakati dalam Forum Rakat Kerja (Raker) KONI Sumatera Selatan beberapa waktu lalu.

Para Peserta yang hadir pun sepakat, para calon ketua harus membawa uang tunai saat mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bukti keseriusannya.

Pasalnya, saat ini KONI Sumsel tidak memiliki anggaran operasional, termasuk untuk membayar pelatih, atlet, juri, event dan lainnya, sehingga uang itu bisa dipakai sebagai kontribusi terhadap organisasi.

"Semua sepakat Ketum KONI yang baru nanti jangan hanya bisa menggerogoti anggaran di KONI, tapi juga membantu dan ikut berkontribusi. Salah satunya melalui kesepakatan uang Rp 500 juta, jadi jangan disebut uang itu untuk biaya pendaftaran," jelasnya.


Selain itu, para bakal calon pun juga diharuskan mendapatkan dukungan minimal 30 persen dari total suara, surat keterangan bersih dan tidak pernah dihukum, bebas narkoba serta keterangan sehat dari rumah sakit, kemudian melaporkan surat keterangan dari kepolisian (SKCK) serta menyampaikan visi-misi.

“Sampai sekarang, baru dua bakal calon yang mengembalikan berkas. Pengembalian berkas terakhir kami tunggu sampai pukul 24.00 WIB. Selanjutnya akan dilakukan penetapan pada 29 November,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Musprovlub KONI Sumsel Dhennie Zainal menambahkan,

Pemilihan Ketua Umum (Ketum) KONI Sumatera Selatan (KONI Sumsel) akan digelar, Rabu (29/11/2023) besok di Hotel The Zuri Palembang dengan sistem perhitungan suara lewat Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub).

"Para calon ketum akan memperebutkan 68 suara dari Cabor, 17 suara KONI kabupaten/kota, 1 suara KONI Sumsel dan 1 suara KONI pusat," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/28/143853878/daftar-jadi-ketum-koni-sumsel-2-bakal-calon-bawa-mahar-rp-500-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke