Salin Artikel

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Sumsel Siagakan 1.000 Personel di Daerah Rawan

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 1.000 pasukan dari seluruh instansi disiagakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di daerah rawan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi akibat perubahan cuaca yang berlangsung saat ini.

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengatakan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) terdapat perubahan iklim dengan potensi hujan merata di seluruh wilayah dalam kurun waktu tiga hari ke depan.

Potensi hujan deras itu dikhawatirkan dapat menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor terutama di kawasan perairan serta pegunungan.

Sehingga, 1.000 petugas gabungan itu nantinya disiapkan untuk mengantisipasi dan mengevakuasi warga terdampak.

“Ini sebagai upaya kita untuk melakukan mitigasi di beberapa daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor,” kata Agus Fatoni saat menggelar apel pasukan antisipasi bencana di Palembang, Kamis (23/11/2023).

Agus menjelaskan, seluruh peralatan personel di lapangan dipastikan telah lengkap. Sehingga, semuanya dapat digunakan untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor.

“Musim hujan ini akan rawan bencana khususnya longsor dan banjir, sehingga semua peralatan harus mumpuni,” beber dia.

Meski telah terjadi peralihan musim, Agus menyebutkan, operasi penanganan karhutla di OKI masih berlangsung. Sebab, di beberapa wilayah kawasan gambut masih terdapat titik api.

"Operasi karhutla tetap jalan masih ada titik api. Satgas ini masih tetap berjalan sampai karhutla tidak ada lagi," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel, Wandayantolis mengatakan, diperkirakan dalam tiga hari ke depan dinamika atmosfer di Sumsel berpotensi adanya awan hujan.

Sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan bantaran sungai dan lereng gunung diminta untuk waspada bencana.

“Di beberapa daerah punya potensi banjir dan longsor. Namun potensi rawan terjadi di sekitar bantaran sungai dan lereng, sehingga diminta untuk waspada,” imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/23/162642378/antisipasi-bencana-hidrometeorologi-sumsel-siagakan-1000-personel-di-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke