Salin Artikel

Lagi, Karhutla di Kaltim, 3 Hektare Lahan Dekat Rest Area Tol Balsam Hangus Terbakar

SAMBOJA, KOMPAS.com – Baru kemarin kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, karhutla kembali terjadi pada Sabtu (30/9/2023).

Kali ini lahan di dekat rest area Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) hangus dilalap si jago merah.

Kebakaran tersebut membuat para pengendara di Tol Balsam terkejut. Mereka pun melaporkan kejadian ini kepada petugas Tol dan BPBD.

“Iya benar Mas. Kejadiannya itu sekitar pukul 18.20 Wita di Tol Balsam KM 36 dekat Rest Area,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar Matan) Kukar, Fida Hurasani.

Api dengan cepat membakar lahan dan pepohonan di lokasi tersebut. Penyebab kebakaran diduga akibat efek kemarau panjang, sehingga potensi terjadinya karhutla cukup tinggi.

Fida mengatakan, pascamenerima laporan tersebut, jajarannya yang berada di Pos Damkar Kecamatan Samboja langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

“Kita terjunkan dua unit damkar dibantu dari jajaran Tahura dan petugas Jasa Marga. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 21.15 wita,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/01/074001478/lagi-karhutla-di-kaltim-3-hektare-lahan-dekat-rest-area-tol-balsam-hangus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke