Salin Artikel

Kebakaran TPA Putri Cempo Solo Berhasil Dipadamkan, Damkar Siagakan Armada dan Personel 24 Jam

SOLO, KOMPAS.com - Kebakaran sampah di Blok B Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo Solo, Jawa Tengah, telah berhasil dipadamkan.

"Mulai pukul 22.00 WIB tadi malam sampai sekarang sudah tidak ada asap dan api yang muncul," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Sutarjo dihubungi Kompas.com, Rabu (27/9/2023).

"Damkar masih tetap bertugas di sana. Semua dicek dipukul rata karena kita tidak tahu di dalam masih ada bara atau tidak. Dan terbukti kemarin masih ada satu dua muncul asap seperti itu. Jadi di dalam kemungkinan masih ada bara. Sehingga Damkar semuanya masih di sana 24 jam," ungkap dia.

Menurutnya, tidak semua mobil pemadam disiagakan di TPA Putri Cempo. Mobil pemadam yang lainnya disiagakan untuk mengantisipasi apabila ada kebakaran di tempat lain.

"Mobilnya (yang disiagakan) hanya beberapa karena kita juga stand by untuk masyarakat yang lain," kata Sutarjo.

Dikatakan Sutarjo, tidak ada batasan waktu sampai kapan mobil pemadam dan personel Damkar disiagakan di TPA Putri Cempo.

Kendati sudah berhasil dipadamkan, Damkar tetap mewaspadai gunungan sampah yang berada di blok lainnya di TPA Putri Cempo, mengingat cuaca yang panas.

"Tidak hanya di blok B. Titik yang lain tetap diwaspadai juga," terang Sutarjo.

Diketahui, sampah TPA Putri Cempo terbakar pada Sabtu (16/9/2023) sekitar pukul 13.00 WIB lalu. Api membakar tumpukan sampah di bagian blok B.

Proses pemadaman dilakukan dengan melibatkan mobil pemadam kebakaran dari berbagai daerah. Tidak hanya Solo, tetapi juga bantuan dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemkot Solo juga meminta bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan pemadaman dari udara atau water bombing menggunakan helikopter super puma.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/27/095408978/kebakaran-tpa-putri-cempo-solo-berhasil-dipadamkan-damkar-siagakan-armada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke