Salin Artikel

Gembiranya Siswa Ikuti Upacara Kemerdekaan di Perbatasan Negara…

SEJUMLAH siswa sekolah dasar (SD) berlarian dari truk besar di area parkir Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Yetetkun, Boven Digoel, Papua Selatan, Kamis (17/8/2023).

Mengenakan seragam berwarna merah putih, para siswa SD itu hendak mengikuti upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Upacara kali ini menjadi yang pertama kali digelar di PLBN Yetetkun. Sebab, pos perbatasan ini baru rampung dibangun pada 2022 dan akan mulai beroperasi baru pada tahun ini.

Perasaan senang terpancar dari wajah dan gerak-gerik para murid dari SD Inpres Ninati dan SD YPPK Persiapan Tembutka.

Pasalnya, kegiatan ini juga merupakan kunjungan pertama mereka ke PLBN Yetetkun. Ditambah lagi, mereka bisa ikut serta dalam upacara perdana di pos perbatasan ini.

Terlihat beberapa siswa bercengkerama hangat dengan Anggota TNI dari Satgas Pamtas yang berjaga di sekitar PLBN Yetetkun. Beberapa pelajar lain sibuk berebut bendera merah putih berukuran kecil untuk mereka kibarkan.

Setelahnya mereka langsung diminta berbaris rapi di lapangan oleh pemandu dari anggota TNI. Instruksi, mulai dari lencang tangan, hormat bendera, hingga istirahat di tempat selama prosesi upacara mereka ikuti dengan sigap.

Setelah upacara selesai, para siswa tanpa ragu langsung membubarkan diri. Mereka berkeliling untuk melihat kawasan PLBN Yetetkun.

Patung Garuda di gerbang yang menghadap ke arah Papua Nugini menarik perhatian para murid. Mereka melihat setiap lambang yang menggambarkan lima sila di perisai Garuda.

Setelahnya, mereka pun diminta mengucapkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di depan patung tersebut.

"Selamat hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78. Salam dari perbatasan Indonesia," teriak para siswa dengan kompak di depan Patung Garuda.

Adapun upacara HUT ke-78 RI di PLBN Yetetkun ini terbilang menarik. Pasalnya, pasukan pengibar bendera (Paskibra) adalah tenaga kesehatan (nakes) Puskesmas.

Mereka adalah Siska (33), Berta (31), dan Fransina (24), nakes Puskesmas di Distrik Ninati. Selama lima hari terakhir, mereka dilatih baris-berbaris untuk mengibarkan sang saka di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Liputan peringatan dan perayaan kemerdekaan di PLBN Yetetkun ini merupakan bagian dari liputan khusus "Merah Putih di Perbatasan" yang digelar Kompas.com yang berkolaborasi dengan BNPP.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/18/075744378/gembiranya-siswa-ikuti-upacara-kemerdekaan-di-perbatasan-negara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke