Salin Artikel

Gempa Magnitudo 5,6 NTT Terasa hingga Bima, Sumbawa, dan Denpasar

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa terjadi pukul 11.54.06 Wita. 

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,6. Episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 8,81 derajat lintang selatan ; 121,49 derajat bujur timur," ujar Daryono dalam keterangannya, Selasa.

Daryono menerangkan gempa berlokasi di laut pada jarak 19 kilometer Barat Laut Ende dan 22 kilometer timur laut Nagekeo, pada kedalaman 182 kilometer.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi termasuk jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformai batuan akibat mekanisme slab-pull pada lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun atau normal fault.

Gempa bumi ini dirasakan di Waingapu, Sumbawa, Dompu, Kota Bima, Kabupaten Bima, Ngada, Mataram, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Gianyar, dan Denpasar.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/08/15/125221678/gempa-magnitudo-56-ntt-terasa-hingga-bima-sumbawa-dan-denpasar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke