Salin Artikel

4 Negara Ikut Festival Layangan Internasional yang Digelar di Purworejo

Tak hanya itu, setidaknya 4 negara ikut andil dalam Kite Festival tahun 2023 ini. Negara Swedia, Malaysia, Jepang dan Singapura ikut mengudarakan layangan mereka di Pantai Ketawang.

Festival yang diikuti kelab dari berbagai daerah ini berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu dan Minggu, 29-30 Juli 2023.

Yoh Yasuda (33) dari Tokyo Jepang ini misalnya, ia menampilkan layang-layang buatannya yang berbentuk daun. Ia sudah dua kali ini datang ke Indonesia untuk mengikuti rangkaian Festival Layang-layang.

"Saya sangat tertarik dengan kultur di Indonesia, bagaimana mereka membuat layang-layang. Saya juga belajar membuat layang-layang di Indonesia," kata Yoh Yasuda dalam bahasa Inggris saat ditemui di lokasi pada Sabtu (29/7/2023).

Demi mengikuti Festival ini, Yasuda rela jauh-jauh datang sendirian dari Jepang. Bukan tanpa sebab, keikutsertaannya kali ini juga dikarenakan ia tertarik pada keunikan dan kreativitas masyarakat Indonesia dalam membuat layang-layang.

"Saya keduakalinya ke Indonesia, saya belajar membuat layang-layang dengan teman dari Indonesia juga," kata Yasuda.

Yasuda menyebut, untuk festival kali ini mempersiapkan dan membawa dan menerbangkan sendiri layang-layang miliknya. Dalam membuat layang-layang, ia menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di Indonesia.

"Bahannya dari kain Ripstop, saya membuat layang-layang berbentuk daun yang sudah tua," kata Yasuda.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Purworejo Stefanus Aan Isa Nugroho menyebut, International Kite Festival selain diikuti peserta dari mancanegara, daerah lain di Indonesia pun tak ketinggalan.

Berbagai kelab dari Surabaya, Jakarta, Lampung, Ponorogo, Tulungagung, Solo, Magelang, Cilacap, Kebumen, Bantul, Kulon Progo, Yogyakarta dan Sleman bahkan sudah datang ke Pantai Ketawang sehari sebelum acara dimulai.

"Total peserta ada sekitar 41 dan 4 lainnya dari mancanegara," kata Aan.

Sedikitnya 3 kategori layang-alayang akan dilombakan, yakni layang-layang tradisoional, layang-layang 2 dimensi, layang-layang 3 dimensi dan Train Naga. Hadiah yang diperebutkan yakni uang pembinaan, plakat dan piagam.

"Kita berharap ini dapat membangkitkan Pariwisata di Kabupaten Purworejo dan event ini kita harapkan bisa terlaksana lagi tahun depan," katanya.

Selain untuk menumbuhkan pariwisata di Kabupaten Purworejo, Internasional Kite Festival ini diharapkan mampu mendorong ekonomi warga sekitar lokasi acara.

https://regional.kompas.com/read/2023/07/30/161334178/4-negara-ikut-festival-layangan-internasional-yang-digelar-di-purworejo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke