Salin Artikel

Pulau Pandang di Sumatera Utara dengan 3 Pemandangan Alam yang Unik

KOMPAS.com - Pulau Pandang terletak di Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.

Lokasi Pulau Pandang berada di perairan Selat Malaka, lepas pantai Sumatera.

Pengunjung akan menikmati pemandangan alam yang masih asri dan alami, serta jauh dari kebisingan.

Pulau Pandang

Daya Tarik Pulau Pandang

Pulau Pandang memiliki pemandangan alam yang membuat ketagihan. Panorama bawah lautnya sangat indah dengan terumbu karang dan ikan berwarna-warni.

Air lautnya berwarna biru toska dengan ombak yang cukup tenang, sehingga pengunjung akan tergoda untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Pulau Pandang juga memiliki tiga pemandangan alam yang cukup unik dengan karakteriktik berbeda, yaitu pada sisi timur, utara dan selatan, dan barat.

Pengunjung yang berada di sisi timur pulau akan menghadap Malaysia. Bagian tersebut juga memiliki pasir putih yang lembut dengan beberapa batuan granit yang berdiri gagah.

Pada sisi utara dan selatan, pengunjung akan menemukan pantai yang didominasi dengan batuan dengan bentuk unik dan ombak yang cukup besar.

Bagi pengunjung yang menikmati pulau pada sisi barat akan berhadapan dengan Pulau Sumatera dan pantai berpasir putih yang berbentuk melengkung seperti teluk dengan bebatuan.

  • Letak Pulau Pandang dengan pulau lainnya

Pulau Pandang hanya berjarak sekitar satu kilometer dengan pulau lainnya di di wilayah administrasi Kecamatan Tanjung Tiram.

Pulau-pulau tersebut memiliki topografi yang sama, yaitu berupa wilayah datar yag dikelilingi dengan perbukitan dengan ketinggian 50-60 mdpl.

Para pengunjung biasanya memilih tinggal di Pulau Pandang, karena memiliki pemandangan yang indah dan banyak aktivitas air.

  • Aktivitas Pulau Pandang

Wisatawan dapat banyak melakukan aktivitas air di Pulau Padang, seperti snorkeling, diving, dan memancing.

Pulau Pandang memiliki terumbu karang yang kondisinya masih baik dan ikan yang berwarna-warni. Pemandangan indah tersebut dapat dinikmati dengan snorkeling maupun diving.

Pulau Pandang juga memiliki hamparan pantai dengan batu-batu besar di sekeliling pulau.

Cara Menuju Pulau Pandang

Perjalanan menuju Pulau Pandang dapat ditempuh dari Medan menuju Kabupaten Batu Bara, Tanjung Tiram.

Jarak tempuh Kabupaten Batu Bara dari Medan sekitar 132,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih hampir tiga jam.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan perahu bermesin dari Tanjung Tiram dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam, tergantung kondisi cuaca.

Pengunjung perlu menyewa perahu menuju Pulau Pandang karena belum ada transportasi kapal penumpang.

Sumber:

northsumatrainvest.id dan direktoripariwisata.id

https://regional.kompas.com/read/2023/07/13/162402878/pulau-pandang-di-sumatera-utara-dengan-3-pemandangan-alam-yang-unik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke