Salin Artikel

Dumai Dilanda Karhutla Selama 5 Hari, Wali Kota Telepon Gubernur Riau Minta Bantuan Helikopter

Kebakaran besar terjadi di kawasan gambut di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Dumai. Kebakaran mengakibatkan asap menyelimuti permukiman warga sekitar.

"Kita menggerakkan semua unsur, baik TNI, Polri, BPBD dan MPA (Masyarakat Peduli Api) untuk menanggulangi karhutla," kata Wali Kota Dumai, Paisal saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApps, Minggu (23/4/2023).

Selain itu, sambung dia, alat berat ekskavator milik perusahaan juga dikerahkan untuk pembuatan embung air.

Paisal menyebut, upaya pemadaman juga dibantu petugas TNI, Polri dan BPBD dari Kota Pekanbaru. Bantuan kekuatan dikerahkan untuk mempercepat pemadaman titik api.

Bahkan, Paisal mengaku sudah menghubungi Gubernur Riau, Syamsuar. Dia meminta bantuan helikopter untuk pemadaman dari udara.

"Saya sudah hubungi Bapak Gubri (Gubernur Riau) minta bantuan heli dari PT. Sinar Mas," kata Paisal.

Sebagaimana diketahui, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai, Riau, sudah berlangsung selama lima hari.

Upaya pemadaman masih terus dilakukan tim gabungan. Sejauh ini, belum dapat diperkirakan berapa luas hutan dan lahan yang terbakar.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/23/195851278/dumai-dilanda-karhutla-selama-5-hari-wali-kota-telepon-gubernur-riau-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke