Salin Artikel

Tak Ada Peningkatan Jumlah Pelintas Batas Timor Leste-RI pada Ramadhan

Angka itu kata Marciana, berlangsung selama bulan puasa atau Ramadhan.

"Kalau kita kalkulasikan dalam sebulan, jumlah pelintas batas sebanyak 8.000 lebih," kata Marciana, kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023) siang.

Meski begitu lanjut Marciana, jumlah pelintas batas masih ada peningkatan signifikan.

Karena, kata dia, jumlah itu masih sama seperti hari-hari biasa pada umumnya.

Marciana menyampaikan hal itu, berkaitan dengan kesiapan petugas kantor Imigrasi yang mengawasi pergerakan orang di sejumlah pos lintas batas di NTT yang berbatasan dengan Timor Leste.

Dia mengatakan, kemungkinan jumlah pelintas batas akan meningkat pada saat jelang hari raya Paskah dan juga pada saat hari libur Idul Fitri.

Para pelintas batas, kata dia, masuk ke wilayah Indonesia maupun sebaliknya melalui tiga PLBN yakni PLBN Motaain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka dan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Menurut Marcianan, jika dibandingkan dengan pelintas batas pada saat pandemi Covid-19 justru alami peningkatan yang cukup signifikan.

Dia mencontohkan pada 2021, dalam sehari bisa saja tidak ada yang melintasi PLBN karena ketatnya aturan bagi pelintas batas.

Tetapi mulai pertengahan tahun 2022 jumlah pelintas batas mulai meningkat dengan adanya kelonggaran aturan yang berkaitan dengan PPKM.

"Tentunya, untuk mengantisipasi kenaikan jumlah pelintas batas juga, petugas imigrasi di tiga PLBN tersebut sudah siap dan siap bekerja maksimal," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/30/140410578/tak-ada-peningkatan-jumlah-pelintas-batas-timor-leste-ri-pada-ramadhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke