Salin Artikel

Sumbar Jadi Daerah dengan Karhutla 2022 Terluas di Sumatera

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan jumlah itu terluas di Pulau Sumatera.

"Karhutla di Sumbar tertinggi di Sumatera. Ada 9.832 hektar hutan dan lahan yang terbakar di Sumbar sepanjang 2022 lalu," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi kepada wartawan di Padang, Selasa (14/3/2023).

Mahyeldi mengatakan, dalam apel Siaga Pengendalian Karhutla 2023 pada Senin (13/3/2023) telah meminta seluruh daerah siaga.

Menurut Mahyeldi, berdasarkan prediksi BMKG, tahun 2023 akan lebih kering dibandingkan tahun 2022, sehingga diperkirakan akan terjadi peningkatan Karhutla seperti tahun 2019.

Penurunan potensi hujan tersebut, akan menyebabkan peningkatan kerawanan Karhutla di daerah.

"Kami minta seluruh kabupaten dan kota siap siaga dan meningkatkan usahanya untuk melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan," kata Mahyeldi.

Mahyeldi meminta pada tahun anggaran 2023, seluruh instansi terkait menyiapkan langkah-langkah dan pendanaan terkait upaya penanggulangan karhutla.

Mahyeldi mengakui selama ini persoalan pengendalian Karhutla seringkali terhambat karena disebabkan masalah klasik yaitu tidak tersedianya anggaran. Hal itulah yang perlu disiasati sedari awal sebelum kejadian.

"Ini perlu kita ingatkan, agar operasional pengendalian Karhutla tidak terabaikan karena alasan klasik seperti tidak tersedianya anggaran yang cukup. Ke depan hal yang sama jangan terulang kembali," kata Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi sejumlah daerah yang rawan karhutla di Sumbar berdasarkan data tahun lalu adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Pasaman dan Pasaman Barat.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/14/141318678/sumbar-jadi-daerah-dengan-karhutla-2022-terluas-di-sumatera

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke