Salin Artikel

Saat Pebalap WSBK Ikut Meriahkan Festival Budaya Mandalika...

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Ribuan masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), memeriahkan Karnaval Budaya Mandalika yang berlangsung di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada Rabu (1/3/2023).

Kegiatan karnaval tersebut merupakan kegiatan tahunan yang saat ini diundur untuk menyambut para kru dan pebalap World Superbike (WSBK).

Dalam festival tersebut, sejumlah atraksi kebudayaan ditampilkan, di antaranya ada presean, arakan pengantin, musik tradisional seperti gendang beleq, jaran kamput, gamelan, hadrah dan sejumlah atraksi lainnya.

Tampak delapan pebalap WSBK ikut dalam festival itu. Mereka didampingi oleh para finalis Putri Mandalika 2023 dengan berjalan menuju Pantai Kuta.

Delapan pebalap yang ikut dalam festival budaya tersebut yakni Phillip Oettl dan Axel Bassani dari tim Ducati, Hafizh dan Adam Norrodin dari tim Honda, Lorenzo Baldassarri dan Nicholas Spinelli dari tim Yamaha, Bahattin Sofuoglu dari tim MV Agusta Wo, dan Can Oncu dari Kawasaki WorldSSP.

"Ini event tahunan biasanya dilakukan saat event Bau Nyale, sengaja kita undur untuk menyambut para rider biar lebih meriah," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin Malady.

Jamal menyampaikan, para peserta karnaval berasal dari sejumlah Kabupaten di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

"Pesertanya ada sekitar 1.200 orang, yang ikut khususnya masyarakat di Pulau Lombok. Kalau di Sumbawa hanya sebagian yang ikut," kata Jamal.

Menurut Jamal, atraksi karnaval menyambut para pebalap untuk memberikan pengalaman baru untuk para pebalap.

"Kita ingin memberikan pengalaman berbeda ke pada rider, ini budaya kita, agar juga dapat tersampaikan ke dunia bisa mempromosikan pariwisata kita di NTB," kata Jamal.

Sementara itu, ajang balap WSBK seri kedua akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Jumat (3/3/2023) hingga Minggu (5/3/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/03/01/181212378/saat-pebalap-wsbk-ikut-meriahkan-festival-budaya-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke