Salin Artikel

Batangtoru Raih Predikat Kecamatan Terbaik Se-Sumut, Bupati Tapsel: Ini Kado Terbaik

Prestasi itu adalah Juara Terbaik I kategori Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tapsel, khususnya masyarakat Kecamatan Batangtoru, yang telah memberikan dukungan.

“Tepat saat penilaian berlangsung di November 2022 lalu, Kabupaten Tapsel sedang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72. Maka dari itu, penghargaan ini merupakan kado terbaik yang dipersembahkan oleh seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Batangtoru sekaligus persembahan untuk masyarakat Kabupaten Tapsel,” ungkap Dolly dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

Hal itu disampaikan Dolly Pasaribu saat menghadiri Upacara Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang dipimpin oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Lapangan Parade Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Kamis.

Dolly mengatakan, banyak prestasi dan kontribusi yang telah dicapai oleh Kecamatan Batangtoru dalam beberapa kategori.

Kategori pertama yakni permasalahan kesehatan. Batangtoru berhasil menjadi kecamatan yang bebas dari buang air besar (BAB) sembarangan.

“Di dalam pelayanan Covid-19, Kecamatan Batangtoru juga berhasil meraih penghargaan dari Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tapsel dalam memberikan pelayanan vaksin Covid-19 kepada anak-anak usia dibawah 12 tahun yang mencapai angka 100 persen,” ujar Dolly.

Untuk permasalahan lingkungan hidup, lanjut Dolly, Kecamatan Batangtoru juga berhasil menerapkan bank sampah di beberapa desa untuk bisa dimanfaatkan dan didaur ulang kembali untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan berhasil menerapkan pelayanan digitalisasi di kelurahan dan desa setempat.

“Kemudian dibuat juga pengembangan padi dan jagung organik di Desa Sipenggeng, Desa Garoga, Desa Hutagodang, dan Kelurahan Wek I dan pengembangan ikan jurung di Desa Sipenggeng,” tambah Dolly.

Sebagai informasi, selain menerima penghargaan sebagai Tunggul Kecamatan Terbaik, Kabupaten Tapsel juga meraih penghargaan sebagai Peringkat I Capaian Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota Provinsi Sumut tahun 2022.

Pencapaian tersebut berdasarkan atas penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi kecamatan-kecamatan yang ada di Sumut karena telah berhasil menerima Tunggul Kecamatan Terbaik.

“Selamat kepada kecamatan-kecamatan di Sumut yang berhasil meraih penghargaan sebagai Tunggul Kecamatan Terbaik. Beberapa kecamatan yang berhasil meraih penghargaan tersebut akan mendapatkan apresiasi berupa finansial dan tanda kehormatan,” tutur Edy.

Edy mengatakan, kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh kepala desa, lurah, dan camat yang bersungguh-sungguh, bukan seperti pegawai bank yang datang pagi dan pulang sore.

“Kepala desa, lurah, dan camat itu jam kerjanya 24 jam atau tidak ada jam kerja. Jabatan adalah sebuah amanah. Jadi, cepat atau lambat pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas jabatan itu. Maka dari itu, berbuatlah secara sungguh-sungguh kepada masyarakat yang dipimpin,” ujar Edy.

Untuk diketahui, selain Kecamatan Batangtoru, terdapat beberapa kecamatan lain di Sumut yang berhasil meraih penghargaan Tunggul Kecamatan Tingkat Provinsi Sumut kategori Kabupaten Tahun 2022.

Beberapa kecamatan tersebut, yaitu Juara Terbaik II diraih oleh Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dan Juara Terbaik III diraih oleh Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan.

Sedangkan untuk kategori Juara Harapan I diraih oleh Kecamatan Merbau Kabupaten Labuhanbatu Utara, Juara Harapan II diraih oleh Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, dan Juara Harapan III diraih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Edy juga menyerahkan masing-masing sepasang domba untuk enam kecamatan pemenang Tunggul Kecamatan Terbaik.

Adapun acara penghargaan tersebut dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Padang Lawas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, Wabup Tapsel, Kapolres Tapsel, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapsel.

Turut dihadiri juga unsur forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Tapsel, Penanggung Jawab (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Tapsel, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu, para asisten, staf ahli Bupati, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kepala desa, dan lurah se-Kabupaten Tapsel.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/16/17061901/batangtoru-raih-predikat-kecamatan-terbaik-se-sumut-bupati-tapsel-ini-kado

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke